Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Saka Energi Bakal Tambah Aset Migas Dekat Pipa PGN

PT Saka Energi Indonesia diperkirakan akan menambah portofolio aset minyak dan gas bumi (migas) yang berdekatan dengan infrastruktur pipa PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) guna mempermudah integrasi fasilitas pendukung.
David Eka Issetiabudi
David Eka Issetiabudi - Bisnis.com 16 Desember 2019  |  17:26 WIB
pipa gas. - ANTARA
pipa gas. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA — PT Saka Energi Indonesia diperkirakan akan menambah portofolio aset minyak dan gas bumi (migas) yang berdekatan dengan infrastruktur pipa PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) guna mempermudah integrasi fasilitas pendukung.

Direktur Utama PGN Gigih Prakoso mengatakan Saka akan mengakuisisi hak partisipasi (PI) wilayah kerja untuk memaksimalkan portofolio asetnya. Menurutnya, pilihan mencari aset yang berdekatan dengan infrastruktur pipa PGN bakal memastikan integrasi dapat dilakukan.

“Hak partisipasi [participating interest/PI] saja sebagai portofolio, bukan operator. Di satu lokasi. Saka sebagai operator akan fokus di Blok Pangkah,” tuturnya di kantor Kementerian ESDM, Senin (16/12/2019).

Gigih membenarkan hak partisipasi yang akan diakuisisi merupakan wilayah kerja pengembangan siap berproduksi. Hanya saja, pihaknya tidak menjelaskan lebih dalam mengenai lokasi target aset tersebut.

Dia mengungkapkan dalam akuisisi aset migas, Saka melakukannya secara independen. Anak usaha PGN tersebut akan menanggung pembiayaan secara mandiri.

“Saka sebagai upstream harus berkembang, harus memaksimalkan eksisting portofolio aset. Karena kami tidak komitmen ke upstream, maka pembiayaannya dilakukan snediri oleh Saka,” tambahnya.

Terkait rencana belanja modal (capital expenditure/capex) yang disiapkan PGN untuk investasi Saka Energi, Gigih menyebut angkanya dapat berubah. Sebelumnya, Direktur Keuangan PGN Arie Nobelta Kaban mengatakan dari capex perseroan sekitar US$700 juta, sekitar US$280 juta dialokasikan untuk Saka Energi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

migas PGN Saka Energi
Editor : Lucky Leonard
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top