Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Inspeksi Pelabuhan Sorong Terkait Natal dan Tahun Baru

Memasuki periode Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melakukan inspeksi dan monitoring penyelenggaraan angkutan laut di Pelabuhan Sorong, Papua Barat.
Pelabuhan Sorong/Antara
Pelabuhan Sorong/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki periode Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melakukan inspeksi dan monitoring penyelenggaraan angkutan laut di Pelabuhan Sorong, Papua Barat.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Kementerian Perhubungan, Wisnu Handoko, mengungkapkan pihaknya terus melakukan persiapan guna memastikan penyelenggaraan angkutan laut Nataru dapat berjalan dengan selamat, aman dan nyaman.

"Kegiatan ini merupakan instruksi langsung dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang menginstruksikan seluruh pejabat Eselon I dan II untuk lebih awal melakukan monitoring angkutan Nataru di semua moda pada akhir pekan ini karena disinyalir beberapa titik sudah mengalami puncak penumpang, salah satunya adalah Pelabuhan Sorong," ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (14/12/2019).

Wisnu menjelaskan, tim pengawasan Natal dan Tahun Baru Ditjen Perhubungan Laut menginspeksi 2 kapal yang dioperasikan PT. Pelni. Keduanya sedang sandar di Pelabuhan Sorong, yakni KM Tatamailau dan KM Dobonsolo.

Menurut Wisnu KM. Tatamailau mengalami puncak karena penumpang saat berangkat mencapai 1591 orang saat meninggalkan Sorong menuju Fak Fak dan Kaimana.

"Ternyata penumpang kapal laut sudah memadati kapal lebih awal karena kapal ini baru akan masuk Sorong 2 pekan lagi," katanya.

Selain itu, KM. Dobonsolo mulai pekan lalu telah menjalani trayek baru khusus Natal dan Tahun baru dengan rute melayani Ambon - Jayapura melalui Sorong dan Serui. Berdasar pantauan tim Monitoring di Sorong, cuaca cukup baik, laut relatif tenang dan penumpang naik dengan tertib, terutama untuk tujuan Fak Fak, Kaimana, Tual, Merauke.

Selama inspeksi, Wisnu sempat melihat proses perawatan mesin kapal KM. Dobonsolo dan memberikan arahan terkait keselamatan kepada Crew Kapal. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan Pelayaran Aman, Selamat, Tertib dan Nyaman yang disingkat menjdi PASTINYA.

"Pemerintah terus memastikan bahwa Keselamatan dan keamanan pelayaran dipenuhi oleh penyedia jasa angkutan laut," tutur Wisnu.

Saat inspeksi Wisnu didampingi KSOP Kelas I Sorong Takwim, Direktur Politeknik Pelayaran Sorong Wisnu Risianto, Kepala Cabang PT. Pelni Sorong Marthen Heriyanto dan Manajer Usaha Pelindo IV Sorong Marihot Sagala. 

Best Regards,

Rinaldi Mohammad Azka - 161

Journalist at Bisnis Indonesia,
PT Jurnalindo Aksara Grafika
+6282240672888 | [email protected]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper