Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tahun Depan, Waskita Lepas 3 Ruas Tol, di Mana Saja?

Ketiga ruas tol yang akan didivestasi adalah milik PT Semesta Marga Raya, PT Pejagan Pemalang Toll Road, dan PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 12 Desember 2019  |  07:06 WIB
Foto udara jalan tol Pejagan-Pemalang ramai lancar di Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019). - ANTARA/Oky Lukmansyah
Foto udara jalan tol Pejagan-Pemalang ramai lancar di Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019). - ANTARA/Oky Lukmansyah

Bisnis.com, JAKARTA — PT Waskita Toll Road berniat melepas kepemilikan saham pada tiga ruas jalan tol pada 2020. Divestasi ini dilakukan menyusul pelepasan saham pada dua ruas tol yang diperkirakan rampung pada pekan depan.

Direktur Utama Waskita Toll Road (WTR) Herdiwiakto mengatakan bahwa perusahaan akan melakukan divestasi saham di PT Waskita Transjawa Toll Road (WTTR), entitas induk dari tiga badan usaha jalan tol di koridor Trans-Jawa. Ketiga perusahaan tol di bawah naungan WTTR yaitu PT Semesta Marga Raya, PT Pejagan Pemalang Toll Road, dan PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol.

Ketiga perusahaan tol tadi masing-masing memegang konsesi jalan tol pada ruas Kanci–Pejagan, Pejagan–Pemalang, dan Pasuruan–Probolinggo.

Saat ini, WTR masih memiliki 30 persen saham di WTTR. Sebelumnya, pada 2018, WTR melepas 70 persen saham WTTR ke investor yang memegang instrumen reksa dana penyertaan terbatas (RDPT).

"Kami mau buyback dulu semuanya [70 persen saham WTTR], lalu kami lepas lagi seluruhnya [100 persen]. Kami buyback dulu agar nanti valuasinya lebih menarik," jelas Herwidiakto kepada Bisnis, Rabu (11/12/2019).

Dia mengungkapkan, saat melepas 70 persen saham WTTR ke RDPT pada 2018 lalu, perseroan memiliki opsi untuk membeli kembali (buy back). Berdasarkan Laporan Tahunan Waskita Karya, induk WTR, divestasi saham WTTR mendatangkan keuntungan sebesar Rp1,30 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

waskita karya jalan tol divestasi saham
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top