Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Inpres Kemudahan Berusaha Dikeluarkan, Standar Izin Masih Ditentukan Kementerian

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa norma, standar, prosedur, dan kriteria (NSPK) masih tetap terletak di kementerian dan lembaga (K/L) terkait.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 28 November 2019  |  07:18 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa norma, standar, prosedur, dan kriteria (NSPK) masih tetap terletak di kementerian dan lembaga (K/L) terkait.

"NSPK ada di setiap K/L tapi akan terintegrasi, masing-masing nanti akan dikerjakan oleh K/L," ujarnya, Rabu (27/11/2019).

Hal ini disampaikan oleh Airlangga pascadikeluarkannya Instruksi Presiden (Inpres) No. 7/2019 tentang Percepatan Kemudahan Berusaha.

Seperti diketahui, dalam inpres tersebut diinstruksikan bahwa K/L terkait perlu mendelagasikan urusan perizinan dan pemberian fasilitas investasi kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Dalam melaksanakan kewenangan perizinan dan pemberian fasilitas, BKPM diperintahkan untuk menyusun NSPK dari urusan-urusan yang didelegasikan oleh K/L kepada BKPM.

Lebih lanjut, inpres yang baru dikeluarkan tersebut menurut Airlangga adalah untuk mengerjakan perbaikan peringkat Ease of Doing Business (EoDB), sedangkan pendelegasian urusan izin dan pemberian fasilitas bakal dibahas dalam Omnibus Law.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi
Editor : Achmad Aris
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top