Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lippo Village Digadang Jadi Model Kota Cerdas di Asia Tenggara

PT Lippo Karawaci Tbk. bekerja sama dengan perusahaan asal Jepang, Softbank Corp. dalam pengembangan Lippo Village melalui digitalisasi.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 28 November 2019  |  14:10 WIB
ilustrasi - lippovillage.com
ilustrasi - lippovillage.com

Bisnis.com, JAKARTA — PT Lippo Karawaci Tbk. bekerja sama dengan perusahaan asal Jepang, Softbank Corp. dalam pengembangan Lippo Village melalui digitalisasi. Kedua perusahaan akan mengembangkan solusi ekosistem berbasis artificial intelligence (AI) dan internet of things (IoT).

CEO Lippo Karawaci John Riady mengatakan melalui kerja sama tersebut, pihaknya berharap bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada para pelanggan tidak hanya yang berkaitan dengan real estat, melainkan juga mencakup layanan kesehatan.

Menurutnya, kerja sama dengan Softbank dilakukan karena perusahaan tersebut memiliki pengalaman yang sangat baik di bidang teknologi dan telekomunikasi.

John menjelaskan proyek kerja sama tersebut akan difokuskan terlebih dulu untuk Lippo Village yang menjadi lokasi prioritas dengan tujuan menjadikan kawasan tersebut sebagai pusat aplikasi teknologi dan penelitian di Asia Tenggara.

“Di Lippo Village, kami bermaksud menerapkan teknologi IoT melalui smart cluster management dan smart traffic management,” katanya di sela-sela penandatanganan MoU antara Lippo Karawaci dengan Softbank di Jakarta, Kamis (28/11/2019)..

Vice President & Head of Global Business Strategy Softbank Hidebumi Kitahara mengatakan pihaknya akan memperkenalkan wawasan teknologi canggih yang dimilikinya kepada proyek-proyek yang dikembangkan Lippo Karawaci seperti pusat perbelanjaan, dan fasilitas komersial lainnya, rumah sakit, dan seluruh kawasan Lippo Village.

“Kami bertujuan mengembangkan Lippo Village sebagai contoh model Kota Cerdas di Asia Tenggara,” katanya.

Adapun, salah satu teknologi yang akan diadopsi pada Lippo Village adalah smart traffic management dengan memanfaatkan mode CCTV pintar yang memiliki kemampuan untuk menghitung jumlah kendaraan yang masuk ke dalam kawasan.

Teknologi tersebut juga nantinya mampu mengidentifikasi dan membedakan jenis-jenis kendaraan. Selain itu, Lippo Karawaci dan Softbank juga akan menghadirkan platform analitikal baru yang didukung AI dan big data untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Platform tersebut akan diperluas ke segmen ritel. Lippo Karawaci saat ini mengelola 51 jaringan mal yang tersebar di beberapa lokasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lippo group softbank
Editor : Galih Kurniawan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top