Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

1.000 Kebun Bibit Desa Disiapkan untuk Bentuk Budaya Menanam

Pemerintah menyiapkan program pembangunan 1.000 kebun bibit desa dalam upaya membudayakan kegiatan menanam.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 November 2019  |  18:43 WIB
Kebun bibit jati di Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah. - Antara/Anis Efizudin
Kebun bibit jati di Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah. - Antara/Anis Efizudin

Bisnis.com, KUPANG – Pemerintah menyiapkan program pembangunan 1.000 kebun bibit desa dalam upaya membudayakan kegiatan menanam di  masyarakat untuk menghijaukan kembali daerah-daerah di Indonesia.

"Untuk 2020 nanti kita ada program, sesuai dengan instruksi Pak Presiden, akan ada program untuk membangun 1.000 kebun bibit desa di seluruh Indonesia, termasuk juga dengan NTT," kata Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Hudoyo di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Selasa (26/11/2019).

Di sela-sela acara peluncuran Kampung Cendana di Desa Bolok, Kupang Barat, Kabupaten Kupang, NTT, dia mengatakan bahwa pemerintah daerah diharapkan mendukung pelaksanaan program pembangunan 1.000 kebun bibit dengan menyiapkan lahan.

"Kalau NTT belum ada pembicaraan lebih lanjut, tetapi kita harapkan pemerintah daerahnya bisa menyiapkan lahan-lahan khusus untuk mensukseskan program itu," tuturnya.

Dia menambahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan membantu pembangunan kebun bibit kalau pemerintah daerah sudah menyiapkan lahan yang sesuai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTT Fredik J. Kapitan mengatakan bahwa saat ini NTT memiliki 556.000 hektare lahan yang bisa dimanfaatkan warga untuk menanam.

"Mungkin sebagian kawasan itu bisa kita pakai untuk menyukseskan program tersebut," ungkapnya merujuk pada program pembangunan 1.000 kebun bibit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bibit tanaman

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top