Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ikatan Pilot Minta Pemerintah Awasi Kontrak Kerja Pilot Wings Air

Presiden Ikatan Pilot Indonesia Capt Iwan mengucapkan duka cita atas meninggalnya kopilot Nicolaus Anjar Aji Suryo Putro dan menyesalkan kejadian tersebut.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 24 November 2019  |  11:38 WIB
Penumpang bersiap naik ke pesawat dengan latar belakang proyek pembangunan perluasan Bandara Internasional Raja Sisingamangaraja XII (sebelumnya bernama Silangit), di Tapanuli Utara, Sumatra Utara, Selasa (19/3/2019). - ANTARA/Irsan Mulyadi
Penumpang bersiap naik ke pesawat dengan latar belakang proyek pembangunan perluasan Bandara Internasional Raja Sisingamangaraja XII (sebelumnya bernama Silangit), di Tapanuli Utara, Sumatra Utara, Selasa (19/3/2019). - ANTARA/Irsan Mulyadi

Bisnis.com, JAKARTA - Ikatan Pilot Indonesia meminta regulator untuk turun tangan dalam pengawasan kontrak kerja antara pilot dan maskapai yang tidak sesuai dengan Undang-Undang No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaan.

Presiden Ikatan Pilot Indonesia (IPI) Capt Iwan mengucapkan duka cita atas meninggalnya kopilot (first officer) Nicolaus Anjar Aji Suryo Putro dan menyesalkan kejadian tersebut.

Nicolaus Anjar yang merupakan kopilot Wings Air ditemukan meninggal dunia di tempat kos di Jalan Rawa Lele Gang Melati I Rt. 007/10 Kel. Kalideres, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat.

"Kami ingin menyuarakan kebenaran dan keadilan bagi pilot Indonesia, sehingga terjadi hubungan industrial yang setara antara pilot dan perusahaan," kataya, Minggu (24/11/2019).

Dia mengimbau kepada Kementerian Perhubungan khusunya Ditjen Perhubungan Udara dan Kementerian Ketenagakerjaan untuk meninjau kontrak antara pengusaha dan pilot yang tidak sesuai ketentuan UU Ketenagakerjaan. Bila diperlukan harus segera dibenahi, sehingga tercapai kesetaraan hubungan kerja antara pengusaha dan karyawan.

Pihaknya juga akan kembali beraudiensi dengan Komisi IX DPR untuk meminta perlindungan profesi terkait dengan aturan kontrak kerja yang tertuang pada undang-undang.

IPI, lanjutnya, juga mengimbau kepada seluruh pilot Indonesia dan operator untuk melakukan Threat and Error Management guna mencegah terjadinya hal - hal yang tidak diinginkan sebagai upaya bersama meningkatkan keselamatan terhadap semua penerbangan.

"Kami juga meminta pihak Kepolisian untuk melakukan pengusutan lebih mendalam [terhadap kasus kematian Nicolaus Anjar], sehingga terungkap faktor pemicu meninggalnya rekan kami," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pilot wings air
Editor : Hendra Wibawa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top