Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menko Airlangga : Penerapan SNI sangat Vital untuk Perluas Pasar

Menurut Airlangga, kemajuan teknologi membuat produsen barang-barang di Indonesia juga harus mengalami peningkatan. Apalagi, ujarnya, saat ini dunia industri kita tengah memasuki era Industri 4.0. 
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 21 November 2019  |  10:18 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Bisnis.com, JAKARTA - Derasnya perkembangan teknologi menuntut setiap produk untuk semakin memiliki daya saing tinggi. Oleh karena itu penerapan standar nasional menjadi hal vital untuk memperluas pasar.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menyampaikan pidato kunci pada acara Standar Nasional Indonesia (SNI) Award 2020, di Jakarta. 

Menurut Airlangga, kemajuan teknologi membuat produsen barang-barang di Indonesia juga harus mengalami peningkatan. Apalagi, ujarnya, saat ini dunia industri kita tengah memasuki era Industri 4.0. 

“Produk yang tidak berkualitas akan sulit bersaing dengan produk lain yang memiliki kualitas yang lebih baik,” tuturnya dikutip dari keterangan pers yang didapat pada Kamis (21/11/2019).

Untuk itu, lanjut Airlangga, penerapan standar menjadi elemen penting bagi pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing produk nasional dan memperluas akses pasar global. Standar digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan mutu, efisiensi produksi, memperlancar transasksi perdagangan, serta mewujudkan persaingan usaha yang sehat dan transparan.

Ia melanjutkan, infrastruktur mutu nasional sangat dibutuhkan untuk meningkatkan penerapan SNI di Indonesia. Ia berharap, kemitraan antara pemerintah dan pihak swasta terus dilakukan demi memperkuat infrastruktur mutu nasional.

Lebih lanjut, Airlangga menuturkan, pemerintah turut berperan menjadi fasilitator dan katalisator bagi tumbuhnya iklim usaha yang kondusif. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk barang dan jasa agar mampu menguasai pasar domestik dan pasar global. 

“Hal ini terutama kami khususkan kepada Industri Kecil dan Menengah [IKM]. Sebagai salah satu roda penggerak perekonomian nasional, IKM perlu diberikan pembinaan untuk pemenuhan standar agar mampu bersaing dengan produk impor” imbuhnya.

Sebagai apresiasi bagi pelaku usaha yang secara konsisten menerapkan SNI dan memiliki kinerja yang sangat baik, pemerintah melalui Badan Standardisasi Nasional (BSN) memberikan penghargaan SNI Award. SNI Award merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam menstimulasi peningkatan penerapan SNI oleh pelaku usaha maupun organisasi lainnya. 

“Melalui SNI Award ini saya harap produsen, konsumen, dan masyarakat umum semakin menghargai aspek mutu,” tuturnya. 

Airlangga juga mengapresiasi para peraih penghargaan dan berharap dengan diberikannya penghargaan SNI Award tersebut, pelaku usaha menjadi lebih semangat untuk melakukan perbaikan demi kinerja yang lebih baik lagi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sni
Editor : Achmad Aris
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top