Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ISEF 2019 Berpeluang Buka Investment Bank Syariah

Bank Indonesia dan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) serta otoritas atau lembaga akan memperkuat kerja sama internasional bidang keuangan dan industri syariah melalui Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-6 dengan komitmen membentuk investment bank syariah.
Pembukaan Indonesia Shari'a Economic Festival (ISEF) 2016 di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (27/10)./Antara
Pembukaan Indonesia Shari'a Economic Festival (ISEF) 2016 di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (27/10)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia dan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) serta otoritas atau lembaga akan memperkuat kerja sama internasional bidang keuangan dan industri syariah melalui Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-6 dengan komitmen membentuk investment bank syariah.

Direktur Eksekutif KNKS Ventje Rahardjo menyatakan dalam ISEF 2019, turut hadir Islamic Development Bank (IDB). Rencananya, IDB akan bekerjasama dan aktif masuk ke Indonesia melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) atau Public Pri vate Partnership (PPP). Tujuannya untuk melancarkan pembiayaan beberapa proyek khususnya infrastruktur di Indonesia.

Selain itu Ventje juga menyatakan IDB berniat masuk sebagai investor untuk menjadi lender. Dengan demikian, Indonesia melalui Bank Indonesia dan KNKS bisa bekerja sama dengan IDB membuat studi pendirian investment bank syariah di Indonesia.

“Ini akan kita lakukan dan IDB mengajak anggota-anggota IDB untuk hadir di dalam pertemuan yang diselenggarakan Association Development Financing Institution Member of IDB,” ungkap Ventje di Kantor Bank Indonesia, Kamis (7/11/2019).

Dia menyatakan, para anggota asosiasi ini akan membagikan pengalaman dalam melakukan pembiayaan berbasis syariah di masing-masing negara. Umumnya, kata Ventje, pengembangan infrastruktur berbasis pembiayaan syariah berada di negara-negara teluk dengan luas wilayah yang cukup besar.

“Kita akan belajar dulu dan menjadi pembelajaran. Nanti akan diundang PT SMI {Sarana Multi Infrastruktur] PTDI,  Bappenas dan para project sponsor terkait dengan pengembangan infrastruktur di Indonesia,” tuturnya.

ISEF 2019 ini akan bermitra dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), LPPOM-MUI, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), dan Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC).

KNKS dan Bank Indonesia melibatkan sejumlah mitra strategis internasional seperti Islamic Financial Services Board (IFSB), International Islamic Financial Market (IIFM), Organization for Islamic Cooperation (OIC), The Association of Development Financing Institutions in Member Countries of the Islamic Development Bank (ADFIMI), dan World Halal Association.

Adapun serangkaian kegiatan ISEF 2019 terdiri dari kegiatan International Summit & High Level Forum, International Conference & Talk Show, Investment Forum, Business Matching, Business Coaching dan International Showcase & Exhibition.

Nantinya ada beberapa forum atau konferensi global dan internasional dalam ISEF 2019 antara lain; 14th IFSB Summit, 5th International Islamic Monetary Economic and Finance Conference, OIC Forum on Islamic Social Finance, dan International Halal Lifestyle Conference.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper