Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kecelakaan B737 MAX, Lion Air Janji Laksanakan Rekomendasi KNKT dalam 3 Bulan

Managing Director Lion Air Group Daniel Putut mengapresiasi kinerja KNKT dalam melakukan investigasi dan mampu menyelesaikan laporan secara tepat waktu yaitu sebelum kejadian berumur 1 tahun.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 01 November 2019  |  16:20 WIB
Aktivitas penerbangan pesawat udara di Sultan Hasanuddin International Airport Makassar (SHIAM), Sulawesi Selatan, Senin (18/2/2019). - Bisnis/Paulus Tandi Bone
Aktivitas penerbangan pesawat udara di Sultan Hasanuddin International Airport Makassar (SHIAM), Sulawesi Selatan, Senin (18/2/2019). - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, TANGERANG - Lion Air Group berkomitmen untuk melaksanakan rekomendasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terkait dengan laporan final hasil investigasi kecelakaan pesawat Boeing 737 MAX 8 nomor penerbangan JT-610 dalam waktu 3 bulan ke depan.

Managing Director Lion Air Group Daniel Putut mengapresiasi kinerja KNKT dalam melakukan investigasi dan mampu menyelesaikan laporan secara tepat waktu. Adapun, laporan terkait dengan pesawat dengan registrasi PK-LQP tersebut telah dipublikasikan pada 25 Oktober 2019.

"Kami menerima tiga rekomendasi, kami sebagai operator akan patuh terhadap seluruh rekomendasi yang ditetapkan. Kami akan tindaklanjuti dalam 3 bulan," kata Daniel, Jumat (1/11/2019).

Dia menyebutkan ketiga rekomendasi tersebut adalah terkait dengan prosedur operasi standar kelaikudaraan dan operasional penerbangan, sistem manajemen keselamatan, dan pelatihan mengenai prosedur keselamatan.

"Tujuan utamanya adalah untuk keselamatan penerbangan. Ini menjadi fokus utama bagi kami agar kecelakaan jangan sampai terulang," ujarnya.

Di sisi lain, Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub akan melakukan pengawasan terhadap implementasi SOP pada Lion Air dengan melakukan kegiatan surveillance pada area training dan kegiatan operasional di lingkup kelaikudaraan (airworthiness) dan operasi penerbangan (flight operations).

Hal tersebut akan dilakukan dalam kurun waktu 3 bulan ke depan atau hingga Januari 2020 dengan pertimbangan waktu yang diperlukan bagi Lion Air untuk menyiapkan atau memperbaiki sistem yang ada, terkait dengan pembaharuan dan sinkronisasi manual.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

knkt lion air JT 610
Editor : Hendra Wibawa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top