Pelindo III Manfaatkan Surplus Listrik PLN untuk Shore Connection

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan PT PLN untuk pemanfaatan shore connection di seluruh pelabuhan yang dikelolanya.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 28 Oktober 2019  |  21:06 WIB
Pelindo III Manfaatkan Surplus Listrik PLN untuk Shore Connection
Ilustrasi penerapan shore connection di pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelindo III. - Istimewa-Dok. Pelindo III

Bisnis.com, SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan PT PLN yang memungkinkan pemanfaatan surplus energi listrik untuk shore connection di seluruh pelabuhan yang dikelolanya.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan kerja sama dengan PLN tersebut merupakan salah satu bentuk sinergi BUMN dalam upaya menekan biaya logistik untuk meningkatkan daya saing logistik yang selama ini dinilai mahal dan tidak efisien.

“Dengan memanfaatkan shore connection atau jaringan listrik dari darat yang dipasang di dermaga, otomatis kebutuhan BBM kapal akan berkurang saat sandar di pelabuhan,” ujarnya melalui siaran pers pada Senin (28/10/2019).

Dia menjelaskan penggunaan energi listrik untuk kebutuhan kapal terbukti meningkatkan efisiensi atau penghematan untuk kapal 30% - 40%, serta mempercepat kegiatan bongkar muat yang menggunakan crane kapal menjadi hanya 3 – 4 hari, yang sebelumnya memerlukan waktu 4 – 5 hari.

“Inovasi tersebut juga mendukung program pemerintah terkait pengurangan polusi udara dan polusi suara di kawasan pelabuhan,” tambahnya.

Pelindo telah menginvestasikan Rp70 miliar untuk program shore connection sebanyak 35 titik yang terpasang di 13 lokasi pelabuhan dan terminal di wilayah lerja Pelindo III. Puluhan titik tersebut pun memerlukan daya listrik dengan total 49.569 kilovolt ampere (kVA).

“Saya melihat ada potensi yang sangat bagus untuk memanfaatkan surplus energi listrik PLN. Saya berharap dengan MoU ini ke depan dapat dilakukan percepatan-percepatan untuk pemenuhan kebutuhan shore connection di beberapa terminal dan pelabuhan,” tuturnya.

Doso menambahkan pihaknya juga tengah menjajaki penggunaan shore connection di pelabuhan/terminal  untuk kepentingan sendiri (TUKS).

Kepala Cabang PT Temas Line Surabaya, Ronald C. Schouten, sebagai salah satu pelanggan shore connection Pelindo III mengatakan pihaknya dapat merasakan efisiensi dari penggunaan shore connection untuk listrik kapal kontainer di Terminal Berlian dan TTL.

“Pada saat sandar kami dapat mengurangi konsumsi BBM dengan menggunakan listrik dari darat untuk beroperasi, dan tarif penggunaan listrik lebih murah serta pasokan untuk BBM juga dapat berlangsung lebih lama,” ungkapnya.

Berdasarkan data Pelindo III, jumlah kunjungan kapal pada kuartal III/2019 mengalami peningkatkan 15%, yakni tercatat 224 juta GT, naik dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 195,5 juta GT.

Berdasarkan satuan unit, pada periode itu, arus kunjungan kapal meningkat yakni mencapai 57.151 unit, atau naik 21% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2018 yang hanya 47.178 unit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
PLN, pelindo iii

Editor : M. Syahran W. Lubis
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top