LAPORAN DARI UNI EMIRAT ARAB : Proyek Expo 2020 Dubai Dikebut

Pemerintah Uni Emirat Arab menargetkan penyelesaian pembangunan kompleks tempat diselenggarakannya Expo 2020 Dubai selesai pada akhir tahun ini.
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 22 Oktober 2019  |  16:21 WIB
LAPORAN DARI UNI EMIRAT ARAB : Proyek Expo 2020 Dubai Dikebut
Proyek Expo 2020 Dubai di Uni Emirat Arab. BISNIS - Zufrizal

Bisnis.com, DUBAI — Pemerintah Uni Emirat Arab terus memacu penyelesaian pembangunan kompleks tempat diselenggarakannya Expo 2020 Dubai yang akan digelar pada 20 Oktober 2020 sampai dengan 10 April 2021.

Berbagai fasilitas utama, sarana dan prasarana terus dikerjakan. Kontruksi proyek tersebut ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

Pembangunan kompleks tersebut dimulai pada 2015 atau 2 tahun sejak dinobatkannya Uni Emirat Arab (UEA) sebagai negara penyelenggara pameran yang diklaim sebagai yang terbesar di dunia.

Pada Selasa (22/10/2019), atas undangan Siemens AG, sejumlah media berkesempatan mengunjungi kompleks tempat dilaksanakannya perhelatan 5 tahunan tersebut.

Selama 2 hari sebelumnya, Minggu (20/10/2019) malam, panitia Expo 2020 Dubai mengajak media dari berbagai penjuru dunia dan undangan untuk menyaksikan secara langsung acara hitung mundur atau setahun sebelum dimulainya perhelatan tersebut.

Pada kesempatan tersebut panitia mengadakan pertunjukan berupa hiburan yang menampilkan penyanyi asal Amerika Serikat, Mariah Carey. Acara digelar di Burj Park di pusar Kota Dubai, tak jauh dari gedung pencakar langit, Burj Khalifa.

Dalam pembangunan kompleks berupa kota pintar tersebut, Pemerintah UEA menggandeng Siemens. Kerja sama Siemens dengan penyelenggara Expo 2020 Dubai dilakukan pada Desember 2018.

Siemens akan menyiapkan cetak biru kota pintar (smart cities) pada masa depan. Teknologi bangunan dari Siemens akan diintegrasikan dalam Expo 2020 Dubai dengan menggunakan MindSphere.

Sebanyak 137 bangunan akan terhubung melalui platform analitik energi berbasis awan (cloud) yang merupakan salah satu instalasi terbesar di dunia dari Siemens Navigator.

Bangunan di tiga distrik tematik akan didigitalisasikan dengan sistem menejemen bangunan pintar (smart building) Disigo CC. Pemerintah UEA menargetkan sebanyak 25 juta pengunjung hadir selama masa penyelenggaraan acara yang diikuti oleh 190 negara, tidak terkecuali Indonesia.

Berikut ini gambar-gambar pembangunan Expo 2020 Dubai.

Panel surya pemasok listrik Expo 2020 Dubai. Foto-Foto: BISNIS/Zufrizal

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
siemens, dubai

Editor : Hendra Wibawa
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top