Akses Baru Tol Jagorawi Akan Dibuka di Wilayah Bogor

Pemerintah Kabupaten Bogor telah mengajukan permintaan kepada Jasa Marga untuk membuka akses baru di titik tersebut.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 17 Oktober 2019  |  17:47 WIB
Akses Baru Tol Jagorawi Akan Dibuka di Wilayah Bogor
Ribuan kendaraan memadati jalan keluar tol Gadog, Ciawi, menuju Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (25/3/2016). PT Jasa Marga mencatat 26.816 kendaraan roda empat keluar melalui gerbang tol Ciawi menuju Puncak saat libur panjang Hari Paskah. - Antara/Arif Firmansyah

Bisnis.com, JAKARTA — PT Jasa Marga (Persero) Tbk. berencana membuka akses baru pada jalan tol Jakarta—Bogor—Ciawi di wilayah Bogor. Akses baru ini diharapkan bisa memicu pengembangan wilayah di sekitarnya.

Kepala Divisi PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Regional Jabodetabek Jabar Jasa Marga Reza Febriano mengatakan bahwa akses baru akan dibuka di KM 42 jalan tol Jagowari.

Dia menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor telah mengajukan permintaan kepada perseroan untuk membuka akses baru di titik tersebut.

Pembukaan akses baru dimungkinkan karena Pemkab Bogor telah mengubah rencana umum tata ruang di daerah bukaan baru.

Saat ini rencana pembukaan akses baru masih perlu melalui tahap pengujian laik fungsi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Rencananya awal 2020 dibuka. Lokasinya sebelum gerbang tol Ciawi. Jadi, mungkin kami akan menamakan akses tersebut Ciawi 3," ujarnya, Kamis (17/10/2019).

Berdasarkan catatan Bisnis, di jalan tol Jagorawi terdapat sebelas akses atau bukaan. Transaksi tol di jalan tol pertama di Indonesia itu ditunjang 145 gardu di seluruh gerbang tol. Dalam 6 bulan pertama 2019, transaksi tol di Jagorawi mencapai 73,73 juta kendaraan atau 404.000 per hari. Pada periode yang sama, Jagorawi menyumbang pendapatan sebanyak Rp411,50 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jasa marga, bogor, tol jagorawi

Editor : Zufrizal
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top