Pengembang SOHO Yakin Bisa Berkompetisi dengan Co-Working Space

Perkantoran SOHO bisa lebih menguntungkan dan lebih hemat dari sisi pembiayaan jangka panjang.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 10 September 2019  |  17:55 WIB
Pengembang SOHO Yakin Bisa Berkompetisi dengan Co-Working Space
SOHO Pancoran yang dikembangkan PT Agung Podomoro Land Tbk. - sohopancoran.com

Bisnis.com, JAKARTA — Di tengah maraknya ruang perkantoran co-working space, ada pilihan lain yang dinilai lebih menguntungkan, seperti small office home office.

Menurut GM Sales & Marketing SOHO Pancoran Herlina Tamblin, perkantoran small office home office (SOHO) bisa lebih menguntungkan dan lebih hemat dari sisi pembiayaan jangka panjangnya.

Co-working space [ruang kerja bersama] biasanya biaya sewa dihitung per kepala dan ada juga yang biaya sewa ruangan bulanan. Membeli SOHO office, menurut saya, masih lebih untung untuk jangka panjang karena SOHO bisa dicicil dengan kredit pemilkan apartemen [KPA],” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (10/9/2019).

KPA yang perlu dibayarkan oleh konsumer SOHO, kata Herlina, dibanderol mulai dari Rp25 juta per bulan dan hanya dengan uang muka 10 persen, unit sudah bisa dipakai.

“Jadi, uang yang dikeluarkan untuk biaya sewa co-working space bisa saja untuk dicicil beli SOHO,” kata Herlina.

Sebelumnya Senior Director Office Services Colliers Indonesia Bagus Adikusumo mengatakan kalau konsep SOHO di Jakarta belum bisa diterapkan dengan baik. Fungsinya sebagai rumah sekaligus kantor kebanyakan tidak bisa diterapkan dan hanya menjadi kantor saja.

“Hanya saja, memang konsep SOHO sangat bagus apalagi di Jakarta yang ke mana-mana macet. Kalau orang benar-benar bisa tinggal dan bekerja di tempat yang sama akan lebih efisien bahkan sampai mengurangi kemacetan,” kata Bagus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
soho, apln, colliers internatioinal

Editor : Zufrizal

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top