Perubahan Jalur Tol Palembang—Tanjung Api-Api Tunggu Kepastian Lokasi KEK

PT Hutama Karya sudah merampungkan studi pembangunan jalan tol Palembang—Tanjung Api-Api sejak 2017.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 09 September 2019  |  08:54 WIB
Perubahan Jalur Tol Palembang—Tanjung Api-Api Tunggu Kepastian Lokasi KEK
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu (kedua kiri) bersama Staf Khusus Menteri pertahanan Noor Marzuki (kiri), Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (kanan) dan jajarannya melihat peta perluasan Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Tanjung Api-api di Griya Agung Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (5/1/2019). - Antara/Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA — PT Hutama Karya (Persero) menyatakan bahwa perubahan trase jalan tol Palembang—Tanjung Api-Api akan bergantung pada kepastian lokasi kawasan ekonomi khusus. Lokasi kawasan ekonomi khusus rencananya digeser ke Tanjung Carat dari semula di Tanjung Api-Api.

Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol PT Hutama Karya Agung Fajarwanto mengatakan bahwa kawasan ekonomi khusus (KEK) menjadi faktor kunci dalam pembangunan jalan tol Palembang—Tanjung Api Api. Pasalnya, kawasan ekonomi khusus akan menjadi hinterland atau daerah asal kargo yang akan menunjang lalu lintas di jalan tol.

Fajar menerangkan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, antara lain Badan Pengatur Jalan Tol dan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas.

"Kami masih tunggu keputusannya, apakah KEK itu jadi dibangun. Kalau tidak didukung bangkitan [lalu lintas dari KEK], itu pasti terkendala," ujarnya kepada Bisnis, pekan lalu.

Menurut Fajar, Hutama Karya sudah merampungkan studi pembangunan jalan tol Palembang—Tanjung Api-Api sejak 2017. Bila lokasi KEK Tanjung Api-Api bergeser, dia menyebutkan bahwa perubahan trase hanya terjadi pada seksi terakhir menuju lokasi KEK.

Sementara itu, seksi-seksi awal yang tersambung dengan ruas Palembang—Indralaya tidak akan berubah.

Pembangunan jalan tol Palembang—Tanjung Api-Api dibagi ke dalam tiga seksi. Seksi 1 (13 kilometer) menghubungkan Musi Landas—Gasing, berlanjut di seksi 2 (20,29 kilometer) ke Telang. Terakhir, seksi 3 (36,46 kilometer) menghubungkan Telang dengan Tanjung Api Api.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jalan tol, hutama karya, tol palembang

Editor : Zufrizal

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top