Perang Dagang, Ekspor Teh Indonesia ke AS Berpeluang Tumbuh

Indonesia berpeluang meningkatkan ekspor teh lokal ke Amerika Serikat akibat perang dagang antara negeri Paman Sam dan China.
Dewi Aminatuz Zuhriyah
Dewi Aminatuz Zuhriyah - Bisnis.com 27 Agustus 2019  |  18:42 WIB
Perang Dagang, Ekspor Teh Indonesia ke AS Berpeluang Tumbuh
Pekerja memetik pucuk daun teh menggunakan mesin petik di lahan PT. Perkebunan Nusantara VI (PTPN VI), Kersik Tuo, Kayu Aro, Kerinci, Jambi, Rabu (20/5/2015). - Antara/Wahdi Septiawan

Bisnis.com,  JAKARTA — Indonesia berpeluang meningkatkan ekspor teh lokal ke Amerika Serikat akibat perang dagang antara negeri Paman Sam dan China.

Suharyo Husen selaku Ketua Dewan Teh Indonesia mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan penjajakan di pasar Amerika Serikat.

“Saat ini Kadin dan UMKM giat mengadakan promo ke Amerika Serikat,” katanya kepada Bisnis.com, belum lama ini.

Sebagai informasi, ekspor teh Indonesia pada tahun ini diprediksi lebih rendah dibandingkan 2018. Ini karenaserapan teh dalam negeri hingga akhir 2019 diperkirakan meningkat 2%—3% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Suharyo Husen mengatakan, pada tahun lalu (2018) realisasi serapan teh dalam negeri mencapai 50% dari total produksi yaitu sebesar 140.000 ton.

Untuk tahun ini, katanya, serapan dalam negeri diperkirakan meningkat paling tidak 2-3% disebabkan gencarnya promosi minum teh belakangan ini sehingga ekspor the diperkirakan menurun menjadi 47% dari produksi.

“Ekspor teh pada 2019 ini sedikit turun karena konsumsi dalam negeri meningkat,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ekspor, kebun teh, ekspor teh, teh, Perkebunan Teh, perang dagang AS vs China

Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top