Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PTPP Akan Bangun Perumahan & Kawasan Industri Dekat Tol Semarang—Demak

Kawasan yang selama ini sering dilanda banjir diharapkan bisa menjadi potensi cadangan lahan ke depan untuk pengembangan kawasan.
RENCANA PEMBANGUNAN JALAN TOL TERINTEGRASI TANGGUL LAUT  Foto udara permukiman penduduk terkepung air laut akibat abrasi di Desa Sriwulan yang berbatasan dengan Kota Semarang, di Sayung, Demak, Jawa Tengah, Selasa (20/8/2019). Kementerian PUPR menargetkan pembangunan Jalan Tol Semarang - Demak sepanjang 27 kilometer yang terintegrasi dengan pembangunan tanggul laut bernilai investasi Rp15,5 triliun akan dimulai pada akhir 2019 dan ditargetkan selesai pada 2021, guna menanggulangi kemacetan serta abrasi di p
RENCANA PEMBANGUNAN JALAN TOL TERINTEGRASI TANGGUL LAUT Foto udara permukiman penduduk terkepung air laut akibat abrasi di Desa Sriwulan yang berbatasan dengan Kota Semarang, di Sayung, Demak, Jawa Tengah, Selasa (20/8/2019). Kementerian PUPR menargetkan pembangunan Jalan Tol Semarang - Demak sepanjang 27 kilometer yang terintegrasi dengan pembangunan tanggul laut bernilai investasi Rp15,5 triliun akan dimulai pada akhir 2019 dan ditargetkan selesai pada 2021, guna menanggulangi kemacetan serta abrasi di p

Bisnis.com, JAKARTA — PT PP (Persero) Tbk. berencana mengembangkan bisnis real estat dengan mengembangkan lahan di sekitar jalan tol Semarang—Demak. Jalan tol sepanjang 27 kilometer itu dijadwalkan memulai tahap konstruksi pada kuartal IV/2019.

Direktur Perencanaan & Pengembangan PTPP M. Aprindy mengatakan bahwa perseroan berniat menggarap kawasan industri dan perumahan di Semarang yang lokasinya berdekatan dengan akses jalan tol.

Kawasan yang selama ini sering dilanda banjir diharapkan bisa menjadi potensi cadangan lahan ke depan untuk pengembangan kawasan.

Dia menambahkan bahwa ekspansi di bisnis real estat sudah digeluti PTPP dalam beberapa tahun terakhir. Sedikitnya PTPP sudah memiliki cadangan lahan di tiga lokasi yakni Cibubur, Tangerang, dan Majalengka.

Laporan keuangan PTPP per Juni 2019 menunjukkan bahwa perseroan memiliki cadangan lahan di 20 lokasi. Lahan yang ada di Kertajati tercatat menjadi cadangan lahan paling luas, yaitu 130,85 hektare.

Lewat anak usaha PT PP Properti Tbk., PTPP telah merambah bisnis properti di segmen residensial dan komersial. Dengan kata lain, ekspansi ke segmen industrial akan menjadi debut perdana bagi perusahaan yang berdiri pada 1961 itu.

"Di Semarang kan sering banjir. Jadi, mungkin kita bisa dapat [lahan] murah. Tolnya sendiri kami harap sudah dikonstruksi pada kuartal keempat setelah PPJT [perjanjian pengusahaan jalan tol]," jelasnya kepada Bisnis, Selasa (20/8/2019).

Sebelumnya, PTPP bersama kedua mitranya telah membentuk badan usaha jalan tol PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak (PPSD) setelah memenangi lelang pengusahaan jalan tol  Semarang—Demak.

Penandatanganan PPJT dijadwalkan berlangsung pada September 2019 yang mana akan menjadi landasan hukum pengusahaan jalan tol sepanjang 27 kilometer.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan bahwa jalan tol Semarang—Demak akan dibangun terpadu dengan tanggul laut. Walhasil, jalan tol ini akan menjadi jalan tol multifungsi pertama di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper