Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tak Mau Bergantung pada APBN, DPR Ingin Punya Anggaran Sendiri

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah meminta kepada Kementerian Keuangan agar ke depannya DPR RI dapat mengelola anggaran tersendiri.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 21 Agustus 2019  |  11:43 WIB
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (kiri) dan Fadli Zon memberikan keterangan kepada media sebelum menjenguk musisi Dhani Ahmad Prasetyo alias Ahmad Dhani di Rutan Cipinang, Jakarta, Rabu (6/2/2019). - ANTARA/Putra Haryo Kurniawan
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (kiri) dan Fadli Zon memberikan keterangan kepada media sebelum menjenguk musisi Dhani Ahmad Prasetyo alias Ahmad Dhani di Rutan Cipinang, Jakarta, Rabu (6/2/2019). - ANTARA/Putra Haryo Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah meminta kepada Kementerian Keuangan agar ke depannya DPR RI dapat mengelola anggaran tersendiri.

Menurut Fahri, diperlukan suatu badan seperti Congressional Budget Office (CBO) di AS.

Hal ini diperlukan agar DPR RI bisa mengelola anggarannya sendiri dan juga lebih independen.

Tanpa independensi keuangan, Fahri berpandangan DPR RI tidak akan bisa independen dan akan mengganggu fungsi pengawasan terhadap pemerintah.

"Dalam demokrasi, DPR harus punya uang sendiri. Enggak bisa dia masuk dalam sistem APBN dan tunduk pada yang mau diperiksa [pemerintah]," ujar Fahri, Rabu (21/8/2019).

Lebih lanjut, hal ini menurut Fahri juga menandakan bahwa sistem demokrasi Indonesia masih belum tuntas dan masih terhambat perkembangannya.

Untuk diketahui, dalam RAPBN 2020 DPR RI direncanakan mendapatkan anggaran sebesar Rp4,28 triliun dengan perincian 44,4% untuk belanja operasional dan 55,6% untuk belanja non-operasional.

Mulai 2015 sampai 2019, anggaran DPR RI tumbuh sebesar 15% meski cenderung fluktuatif dari tahun ke tahun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apbn
Editor : Achmad Aris
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top