PLN Target Aceh Teraliri Listrik 100 Persen Pada Akhir 2019

PT PLN (Persero) menargetkan seluruh desa di Provinsi Aceh akan teraliri listrik pada Oktober 2019. Target ini lebih maju dibandingkan rencana sebelumnya pada 2020.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 18 Agustus 2019  |  10:58 WIB
PLN Target Aceh Teraliri Listrik 100 Persen Pada Akhir 2019
Pekerja memasang jaringan transmisi line 150 kilo volt (KV), Senin (17/12/2018). - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - PT PLN (Persero) menargetkan seluruh desa di Provinsi Aceh akan teraliri listrik pada Oktober 2019. Target ini lebih maju dibandingkan rencana sebelumnya pada 2020.

General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Aceh Jefri Rosiadi mengatakan percepatan elektrifikasi seluruh desa di Aceh ini sebagai upaya untuk menumbuhkan geliat ekonomi di desa.

Hingga Agustus 2019, PLN telah melistriki sebanyak 6.495 desa di Provinsi Aceh. Saat ini tersisa dua desa yang masih belum dapat menikmati aliran listrik.

Keduanya yaitu Desa Tampur Boor di Kabupaten Aceh Timur serta Desa Suka Makmur di Kabupaten Aceh Singkil. Dua desa ini berada di wilayah pedalaman Aceh.

"Hingga 17 Agustus 2019 alhamdulillah rasio desa berlistrik sudah mencapai 99,97%, atau tinggal dua desa yang masih tersisa, PLN optimis dapat segera 100% di Oktober 2019," katanya, Minggu (18/8/2019).

Sebelumnya PLN juga telah melistriki desa pedalaman Sikundo di Kabupaten Aceh Barat. Adapun jumlah Kepala Keluarga dari kedua desa tersebut adalah 60 rumah.

Menurutnya salah satu kendala aliran listrik sulit masuk ke dua desa itu karena infrastruktur seperti jalan yang belum memadai. Walhasil masalah ini disebut berdampak pula pada pembangunan lainnya termasuk listrik.

Dia menjelaskan kendala yang dialami dalam membangun Desa Berlistrik di Aceh terutama adalah soal akses jalan untuk mengangkut peralatan dan material listrik.

"Sehingga kita harus menggunakan kendaraan roda dua, gerobak bahkan diangkut dengan perahu motor ada juga yang menggunakan kerbau untuk menarik gerobak guna mengangkut material jaringan tersebut," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
PLN

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top