PEMINDAHAN IBU KOTA : Badan Otorita Perlu Segera Dibentuk

Badan otorita diperlukan untuk menciptakan gerakan pembangunan ibu kota negara yang tertata.
Putri Salsabila
Putri Salsabila - Bisnis.com 02 Agustus 2019  |  18:56 WIB
PEMINDAHAN IBU KOTA : Badan Otorita Perlu Segera Dibentuk
Infografis Bisnis dotcom/Eko

Bisnis.com, JAKARTA — Tugas Besar Pembangunan ibu kota negara baru terus didukung dan didorong oleh berbagai pihak. Tak hanya pemerintah, para profesional pun terus menggodok ide serta tahapan strategis untuk menemukan formula terbaik dalam membangun ibu kota negara.

Salah satu ide strategisnya yakni meminta agar pemerintah segera membentuk Badan Otorita Ibu Kota Negara. 

Ketua Umum Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia Bernadus Djonoputro mengatakan bahwa badan otorita diperlukan untuk menciptakan gerakan pembangunan ibu kota negara yang tertata.

"Dibutuhkan pemimpin otorita yang bukan hanya mampu melakukan manajemen, melainkan juga memiliki hubungan ke dunia untuk menarik investasi dan bisa menyambungkan aspek aspek yang dibutuhkan. Jadi, anggotanya harus profesional," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (31/7/2019).

Founder Urban+ Sibrani Sofian mengatakan bahwa pendekatan dalam pembangunan ibu kota negara tidak bisa menggunakan pendekatan sektoral, tetapi dibutuhkan badan otorita yang fokus terhadap pembangunan dan pengembangan ibu kota.

"Model pemerintah yang sektoral dalam membangun IKN [ibu kota negara] tidak bisa dilakukan karena ditakutkan koordinasi yang kurang berjalan dengan baik. Oleh karena itu, dibutuhkan satu badan otorita yang langsung berhubungan langsung kepada Presiden," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Ibu Kota Dipindah, ikatan ahli perencanaan indonesia (iap)

Editor : Zufrizal

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top