Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Dia 7 Agenda Pembangunan Nasional 2020-2024

Pemerintah merumuskan tujuh agenda pembangunan 2020-2024 yang menjadi acuan bagi kementerian, lembaga, dan lintas instansi.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 24 Juli 2019  |  11:40 WIB
Bappenas menggelar Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 di Hotel Double Tree, Jakarta, Rabu (24/7 - 2019).
Bappenas menggelar Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 di Hotel Double Tree, Jakarta, Rabu (24/7 - 2019).

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah merumuskan tujuh agenda pembangunan 2020-2024 yang menjadi acuan bagi kementerian, lembaga, dan lintas instansi.

Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang P.S. Brodjonegoro menyatakan bahwa dalam rancangan teknokratik dia menjabarkan tujuh agenda pembangunan.

Agenda pertama, adalah memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas. Bambang menyatakan agenda ini menitikberatkan pada peningkatan daya dukung dan kualitas sumber daya ekonomi berkelanjutan serta meningkatkan nilai tambah, lapangan kerja, ekspor, dan daya saing ekonomi.

Agenda kedua adalah mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan. Dia menyebut agenda ini dititikberatkan pada pemenuhan pelayanan dasar dan peningkatan ekonomi wilayah.

Agenda ketiga adalah meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing, yang dititikberatkan pada pemenuhan layanan dasar. Misalnya saja pemerataan layanan pendidikan berkualitas dan meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan menuju cakupan kesehatan semesta.

"Ini memperkuat pelaksanaan perlindungan sosial, meningkatkan kualitas anak, perempuan, dan pemuda, mengentaskan kemiskinan, meningkatkan produktivitas dan daya saing SDM, serta mengendalikan pertumbuhan penduduk," kata Bambang di Hotel DoubleTree, Rabu (24/7/2019).

Agenda keempat adalah Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan.

"Hal ini dititikberatkan pada peningkatan karakter dan budi pekerti yang baik, membangun etos kerja," tegas Bambang.

Agenda kelima, adalah memperkuat infrastruktur dalam mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan sasar.

Agenda keenam adalah membangun lingkungan hidup, meningkatkan ketahanan bencana dan perubahan iklim.

Agenda ketujuh adalah memperkuat stabilitas polhukhankam dan transformasi pelayanan publik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembangunan nasional
Editor : Achmad Aris
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top