Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jasa Marga Mulai Menikmati Hasil Pengoperasian Tol Baru

Pendapatan jalan tol Jasa Marga dalam 6 bulan pertama 2019 mencapai Rp4,70 triliun. Adapun, total pendapatan usaha tercatat sebanyak Rp5,16 triliun.

Bisnis.com, JAKARTA — PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat pertumbuhan pendapatan jalan tol sebesar 9,20 persen per Juni 2019. Pertumbuhan tersebut ditopang oleh peningkatan konstribusi ruas-ruas tol yang baru beroperasi.

Berdasarkan siaran pers perseroan yang diperoleh Bisnis, Selasa (22/7/2019), pendapatan jalan tol perseroan dalam 6 bulan pertama 2019 mencapai Rp4,70 triliun. Adapun, total pendapatan usaha tercatat sebanyak Rp5,16 triliun.

Corporate Secretary PT Jasa Marga Tbk. (JSMR) M. Agus Setiawan mengatakan bahwa kontribusi pendapatan dari anak perusahaan jalan tol meningkat dari 12,90 persen pada paruh pertama 2018 menjadi 17,20 persen pada paruh pertama 2019.

"Kenaikan kontribusi tersebut merupakan dampak positif dari pengoperasian jalan tol baru dan konektivitas jaringan jalan tol Trans-Jawa di akhir tahun 2018," ujar Agus.

Selain pendapatan, ruas-ruas tol baru juga menyumbang pertumbuhan aset. Hak pengusahaan jalan tol atau konsesi dicatat sebagai aset tidak berwujud sehingga berdampak langsung terhadap pencatatan aset perseroan.

Per Juni 2019, aset Jasa Marga mencapai Rp89,67 triliun atau tumbuh 8,80 persen secara tahunan (year on year).

Hingga kuartal pertama 2019, Jasa Marga sedikitnya membuka satu jalan tol baru dan dua seksi dari jalan tol sudah ada.

Jasa Marga mengoperasikan seksi 7 jalan tol Medan—Kualanamu—Tebing Tinggi sepanjang 9,26 kilometer dan akses jalan tol Gempol—pandaan sejauh 1,60 kilometer. BUMN itu juga telah membuka jalan tol Pandaan—Malang seksi Pandaan—Singosari sepanjang 30,60 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper