DIREKTUR UTAMA PT PELINDO IV (PERSERO), FARID PADANG : “Transformasi Itu Harus Singkat”

PT Pelindo IV (Persero) tengah menjalankan transformasi bisnis yang terintegrasi. Tidak hanya berfokus pada pelayanan jasa kepelabuhanan, tetapi juga pada beberapa segmen lainnya melalui pendirian anak usaha hingga cucu usaha baru sektor logistik.
Sitti Hamdana R
Sitti Hamdana R - Bisnis.com 16 Juli 2019  |  08:03 WIB
DIREKTUR UTAMA PT PELINDO IV (PERSERO), FARID PADANG : “Transformasi Itu Harus Singkat”
Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV Farid Padang memberikan keterangan saat kunjungan tim perwakilan Bisnis Indonesia Makassar ke kantor Pelindo IV, Senin (24/6/2019). - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV tengah menjalankan transformasi bisnis yang terintegrasi. Tidak hanya berfokus pada pelayanan jasa kepelabuhanan, tetapi juga pada beberapa segmen lainnya melalui pendirian anak usaha hingga cucu usaha baru sektor logistik. Bagaimana bentuk transformasi yang dijalankan BUMN ini? Berikut petikan wawancara Bisnis.com dengan Direktur Utama Pelindo IV Farid Padang belum lama ini.

Bagaimana kondisi Pelindo IV di bawah kepemimpinan Anda saat ini?

Saat ini, kami melakukan transformasi bisnis yang sangat signifikan diikuti oleh supporting investasi dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Baru-baru ini, saat dilakukan asesmen Kriteria Penilaian Kerja Unggul (KPKU) BUMN, poin kuat Pelindo IV itu adalah pada good corporate governance (GCG) atau tata kelola perusahaan yang bagus.

Semua proses transaksi bisnis kami sangat transparan, mulai dari business planning hingga pelaksanaan. Kami melibatkan BPKP, Kejaksaan, Kepolisian dan lembaga terkait sehingga pelanggan sangat puas terhadap pelayanan perusahaan.

Apakah kesiapan SDM menyesuaikan transformasi yang Anda terapkan?

Pada era sekarang ini, kami tidak bisa lagi mengikuti gaya lama. Kalau gaya lama itu mengandalkan perairan, hingga ada ungkapan selama air tidak kering, Pelindo IV tidak akan miskin.

Kalau dulu, selain operator, kami juga masih merangkap sebagai regulator. Sekarang murni operator. Sebenarnya, sejak dikeluarkan UU Pelayaran No. 17/2008 kami sudah melakukan transformasi seperti yang kami lakukan ini.

Namun, namanya transisi itu tidak serta merta bisa dilakukan sepenuhnya. Kembali lagi kepada pemimpinnya. Kalau pemimpin masih menunggu, tetapi tidak melukan terobosan dengan proaktif dan responsif untuk meraih target sebagai operator yang andal berstandar global, itu percuma.

Transformasi itu harus singkat, cepat, dan penuh internalisasi. Setiap sekali sebulan saya mengumpulkan direksi, pejabat, pegawai untuk memberikan motivasi. Adapun untuk cabang, dilakukan teleconference sehingga saya tidak perlu mengunjungi langsung cabang-cabang Pelindo.

Sumber : Bisnis Indonesia

Tag : pelindo iv
Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top