KABAR PASAR 16 JULI: Lampu Kuning Ekspor Nonmigas, Impor Turun Setoran PPN Tertekan

Berita mengenai tren penurunan kinerja neraca perdagangan dan setoran pajak pertambahan nilai (PPN) menjadi sorotan media massa hari ini, Selasa (16/7/2019).
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 16 Juli 2019  |  08:41 WIB
KABAR PASAR 16 JULI: Lampu Kuning Ekspor Nonmigas, Impor Turun Setoran PPN Tertekan
Aktivitas bongkar muat di terminal petikemas Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (17/4). - JIBI/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai tren penurunan kinerja neraca perdagangan dan setoran pajak pertambahan nilai (PPN) menjadi sorotan media massa hari ini, Selasa (16/7/2019).

Berikut rincian topik utama di sejumlah media nasional:

Lampu Kuning Ekspor Nonmigas. Tren penurunan ekspor nonmigas selama setahun terakhir perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah, sehingga tidak semakin membebani neraca perdagangan. (Bisnis Indonesia)

PLN Berburu Dana di Pasar Modal. PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) gencar berburu dana segar dari pasar modal untuk memenuhi sederet rencana investasi perseroan yang membutuhkan US$5 miliar per tahun. (Bisnis Indonesia)

Birokrasi & Lahan Butuh Perhatian. Presiden Joko Widodo sudah memastikan bahwa pembangunan infrastruktur tetap menjadi prioritas pembangunan dalam 5 tahun ke depan. Namun masalah birokrasi dan pembebasan lahan masih menjadi hambatan proyek sarana dan prasarana itu. (Bisnis Indonesia)

Impor Turun, Setoran PPN Tertekan. Setoran pajak pertambahan nilai (PPN) diprediksi terus tertekan seiring dengan tren penurunan kinerja impor hingga akhir paruh pertama tahun ini. Selain karena adanya kebijakan pengendalian yang diberlakukan pemerintah, meningkatnya ketidakpastian global juga turut menekan kinerja impor. (Bisnis Indonesia)

Momentum Perburuan Dollar Segera Tiba. Rupiah sedang kuat dan bisa menekuk dollar AS. Setelah berbulan-bulan anteng di level 14.000-an, kemarin, rupiah menguat 0,63% dan masuk ke posisi Rp13.920 per dollar AS. Inilah kesempatan memborong dollar AS. (Kontan)

Industri TPT Kritis. Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional dalam kondisi kritis. Hal itu tercermin pada pertumbuhan ekspor TPT yang terus melambat, tren impor yang meningkat, utilisasi yang semakin rendah, dan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) yang mengecil. (Investor Daily)

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Neraca Perdagangan, ppn

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top