Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DIREKTUR UTAMA PT INDOFARMA (PERSERO) TBK., ARIEF PRAMUHANTO : “Kami harus Buat Sejarah”

PT Indofarma (Persero) Tbk. adalah perusahaan farmasi yang semula lahir dan dikenal dengan nama Pabrik Obat Manggarai. BUMN farmasi ini kini berusia 101 tahun pada 11 Juli 2019.

Jenis Penyakit yang Beragam Jadi Peluang Kami

Apakah ada istilah khusus untuk menggambarkan 5 strategi tadi?

Lima point itu saya menyebutnya business turn around plan, yakni mengembalikan keadaan. Dari sisi customer segmennya kami balancing, kemudian kami detailkan channeling-nya. Produk kami tidak akan meninggalkan generik, tetapi kami perluas ke segemen lain.

Kalau di sektor farmasi, kami masuk ke obat untuk penyakit tidak menular terbesar tadi. Di luar itu, ada namanya alkes, repositioning herbal ke ekstrak.

Apakah strategi ini juga sejalan dengan rencana pemerintah membuat holding BUMN?

Iya. Semua ini juga sejalan dengan rencana pemerintah terkait dengan holding BUMN. Namun, terkait dengan detailnya akan bagimana, ada di Kementerian BUMN.

Bagaimana target Indofarma dengan strategi yang disiapkan seperti itu?

Kalau kami coba melihat performa tahun lalu, kami minus. Sama halnya kalau dilihat sampai 4 tahun sebelumnya, kami minus. Meskipun minus, dari setahun lalu dibandingkan dengan 2 tahun lalu ada pengurangan. Jadi, kami tetap akan mengurangi minus itu.

Di dalam RKAP, kalau bisa performa kami positif pada tahun ini. Itu harus betul-betul bisa diraih kalau strategi tadi ditempuh dengan disiplin eksekusi. Harapannya, kalau bisa, paling tidak kurangi kerugian. Rencana holding atau sinergi itu juga akan menambah semangat kami untuk menambah daya untuk mencapai target tadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper