Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi Mitra Dagang Melambat, Surplus Neraca Perdagangan RI 2024 Diramal Turun

Surplus neraca perdagangan Indonesia pada 2024 diperkirakan akan menurun, terutama dipengaruhi oleh perlambatan ekonomi negara mitra dagang utama.
Ilustrasi neraca perdagangan Indonesia lewat kegiatan ekspor-impor menggunakan kapal. JIBI/Bisnis
Ilustrasi neraca perdagangan Indonesia lewat kegiatan ekspor-impor menggunakan kapal. JIBI/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Surplus neraca perdagangan Indonesia pada 2024 diperkirakan akan menurun, terutama dipengaruhi oleh perlambatan ekonomi negara mitra dagang utama.

Kepala Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro menyampaikan bahwa dari sisi ekspor, ekspor Indonesia, khususnya komoditas batu bara ke India, akan meningkat  ke depan, mengingat negara ini sedang memasuki musim panas, yang biasanya berlangsung pada Maret hingga Juni.

Kenaikan suhu udara yang signifikan, kata dia, akan meningkatkan permintaan batu bara, terutama untuk pembangkit listrik. 

Di sisi lain, Andry memperkirakan adanya pemulihan ekspor Indonesia ke China hingga kuartal kedua 2024, didorong oleh beberapa faktor, termasuk pemulihan permintaan domestik dan penyesuaian yang sedang berlangsung di berbagai sektor ekonomi. 

Perkembangan ini, imbuhnya, akan mendorong ekspor, terutama batu bara untuk industri kelistrikan.

“Kami masih melihat bahwa sepanjang 2024 surplus perdagangan secara keseluruhan mungkin akan lebih rendah karena dua mitra dagang terbesar Indonesia, Amerika Serikat dan China, diperkirakan mengalami perlambatan pertumbuhan,” kata Andry, dikutip Minggu (19/5/2024).

Di sisi lain, Andry memperkirakan bahwa ekspor Indonesia ke kawasan Asean akan tetap positif sehingga dapat menahan dampak perlambatan ekspor ke negara-negara besar.

Sebagaimana diketahui, neraca perdagangan Indonesia pada April 2024 mencatatkan surplus sebesar US$3,56 miliar, menyusut dibandingkan dengan surplus pada bulan sebelumnya sebesar US$4,57 miliar.

Capaian tersebut menandakan berlanjutnya tren surplus neraca perdagangan Indonesia selama 48 bulan atau 4 tahun beruntun.

Surplus pada April 2024 didorong oleh surplus perdagangan nonmigas yang lebih tinggi sebesar US$5,17 miliar, sementara perdagangan migas masih mencatatkan defisit sebesar US$1,61 miliar. 

Adapun, secara kumulatif, surplus perdagangan Indonesia pada Januari hingga April 2024 mencapai US$10,97 miliar, lebih rendah jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2023 sebesar US$16,04 miliar.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper