Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Pangan Faktor Utama Inflasi Selama Ramadan

Harga pangan diprediksi akan memicu inflasi sepanjang bulan ini, bersamaan dengan momentum Ramadan.

Bisnis.com, JAKARTA - Harga pangan diprediksi akan memicu inflasi sepanjang bulan ini, bersamaan dengan momentum Ramadan.

Ekonom PT Maybank Indonesia Tbk. Juniman menilai inflasi pada Ramadan ini cukup terkendali dibandingkan Ramadan tahun sebelumnya di mana rata-rata inflasi jatuh di kisaran 0,6 persen.

Namun, dia mengingatkan kenaikan harga-harga sebenarnya telah terjadi sejak April ketika inflasi bulanannya mencapai 0,44 persen.

Adapun, Juniman mencatat inflasi terjadi di beberapa bahan pangan seperti, daging sapi, daging ayam, bawang putih, cabai merah dan cabai rawit.

Kenaikan harga juga terjadi di tarif angkutan bus AKAP dan kereta api karena faktor musiman jelang mudik Lebaran.

Selain itu, dia melihat kenaikan harga sewa atau kontrak rumah yang meningkat pada bulan ini. Kondisi ini juga diikuti kenaikan tarif pembantu rumah tangga karena bayaran pembantu infal yang melonjak naik saat musim Lebaran.

"Tahun ini bulan puasanya full satu bulan dan bulan puasa ini masih terkendali," kata Juniman, Rabu (29/05/2019).

Di sisi lain, Juniman mengungkapkan adanya penurunan harga-harga antara lain tiket pesawat akibat penyesuaian kebijakan batas atas dari pemerintah. Sementara itu, harga beras jelang Lebaran 2019 tetap stabil.

"Relatif stabilnya harga-harga sejumlah barang dan jasa ini yang membantu menjaga laju inflasi sehingga inflasi Mei, kami perkirakan masih moderat," ujar Juniman.

Dia menambahkan, konsumsi masyarakat pada bulan ini memang cukup meningkat didorong oleh faktor pembagian THR yang sudah disalurkan oleh korporasi dan pemerintah bagi ASN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Tegar Arief
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper