Butuh Info Seputar Jalan Tol Hingga Rest Area? Gunakan Aplikasi Travoy

Travoy akan memandu sekaligus menyediakan informasi yang paling sering ditanyakan oleh pengguna jalan, mukai dari tarif, informasi rute, hingga rest area.
Rivki Maulana | 27 Mei 2019 13:24 WIB
Pekerja menyelesaikan pembangunan Gardu Transaksi Otomatis (GTO) di depan pintu jalan tol Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (22/5/2019). - ANTARA/Mohammad Ayudha

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Jasa Marga Tbk. merilis aplikasi perjalanan Travoy guna memudahkan pengguna jalan tol. Aplikasi membuat sejumlah fitur perencanaan pelayanan hingga pemesanan makanan.

Direktur Human Capital  & Transformasi Jasa Marga, Alex Denni mengatakan aplikasi Travoy merupakan bagian dari digitalisasi layanan yang dikembangkan oleh perseroan. Untuk tahap awal, Travoy tersedia di platform Android dan selanjutnya akan tersedia di platform iOS.

Alex menerangkan, Travoy akan memandu sekaligus menyediakan informasi yang paling sering ditanyakan oleh pengguna jalan, mukai dari tarif, informasi rute, hingga tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area.

Dia menambahkan, Travoy tidak hanya menyediakan informasi dan memandu pengguna jalan tol di ruas-ruas milik Jasa Marga. Travoy, lanjutnya juga menjangkau ruas-ruas jalan tol yang dikelola pihak lain, seperti ruas milik Astra Infra, Waskita Toll Road, dan Hutama Karya.

"Ini masih soft launching dan kami akan terus lengkapi fiturnya. Setidaknya [fitur yang ada saat ini] bisa menjawab 26.000 pertanyaan pengguna jalan yang sering ditanyakan," jelas Alex di Jakarta, Senin (27/5/2019).

Secara umum, pengguna jalan tol bisa merencanakan perjalanan melalui aplikasi Travoy. Aplikasi ini menyediakan layanan interaksi live chat maupun live update sehingga kondisi terkini jalan tol bisa diakses cukup melalui aplikasi. Pengguna jalan tol juga bisa memeriksa tarif jalan tol yang perlu dibayar untuk sampai di tujuan.

Penggunaan Travoy menurut Alex juga bisa mengantisipasi penanganan pada kecelakaan atau kondisi tertentu. Alex menerangkan, pengguna akan diminta mengisi data penumpang sebelum menggunakan fitur dalam aplikasi Travoy. Dia menggambarkan, bila ada penumpang dalam kondisi hamil, Jasa Marga bisa melakukan antisipasi bila kemudian penumpang tersebut melahirkan dalam perjalanan.

Tak hanya itu, pengguna Travoy juga bisa mengakses informasi TIP terdekat dan katersediaan slot parkir. Bahkan, pengguna bisa memesan makanan ke beberapa gerai di TIP via aplikasi. "Begitu sampai di rest area tinggal ambil, take and go. Jadi dengan aplikasi ini mudah-mudahan perjalanan jauh akan lebih menyenangkan," tuturnya.

Menurut Alex, Jasa Marga akan terus menambah mitra dari berbagai kalangan untuk memperkuat fitur-fitur yang sudah ada dalam aplikasi Travoy. Jasa Marga juga membuka peluang dengan  calon mitra dari pelaku usaha sistem pembayaran untuk menambah pilihan pembayaran dalam aplikasi tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jalan tol, tarif tol, rest area, mudik lebaran 2019

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top