Sri Mulyani Telah Kucurkan THR Lebih Dari Rp10 Triliun, Dibayarkan Hari Ini?

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa hingga saat ini pihaknya telah menyalurkan tunjangan hari raya (THR) mencapai lebih dari Rp10 triliun.
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 24 Mei 2019  |  05:45 WIB
Sri Mulyani Telah Kucurkan THR Lebih Dari Rp10 Triliun, Dibayarkan Hari Ini?
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan Kerangka Ekonomi Makro (KEM) dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (PPKF) Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2020 dalam Sidang Paripurna DPR di Jakarta, Senin (20/5/19). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa hingga saat ini pihaknya telah menyalurkan tunjangan hari raya (THR) mencapai lebih dari Rp10 triliun.

Realisasi penyaluran THR tersebut setara dengan setengah dari pagu anggaran tahun ini yang disiapkan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, para pejabat negara (termasuk presiden dan menteri), serta para pensiunan, yang mencapai total Rp20 triliun.

"Pelaksanaan pembayaran THR sampai saat dengan hari ini terealisir setengahnya. Lebih dari Rp10 triliun terealisir. Dan kita akan terus memantau pelaksanaannya," ujarnya di sela Konferensi KSSK, Kamis (23/5/2019).

Pihaknya pun berharap pelaksanaan Hari Raya Idulfitri tidak terganggu dengan situasi keamanan, karena penyaluran THR akan terpenuhi 100% dalam waktu dekat.

Pasalnya, melalui perayaan Idulfitri bersama sanak saudara di hari raya, biasanya juga akan memberikan dampak positif bagi perekonomian melakui konsumsi masyarakat yang meningkat, lantaran salah satunya  dengan bermodal dana THR tersebut.

Menurutnya dengan demikian, akan mampu menjadi salah satu pendorong kinerja belanja yang positif pada kuartal II tahun ini.

"Kinerja belanja pemerintah membaik sejak kuartal I dan akan berlanjut ke kuartal II. Salah satunya terlihat dari pembayaran THR yang lancar tanpa kendala," ujarnya.

Menurutnya belanja pemerintah yang positif di kuartal I 2019 menjadi salah satu faktor pendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Sebelumnya diketahui bahwa saat ini pemerintah telah menyiapkan anggaran hingga sekitar Rp20 triliun untuk pembayaran THR tahun ini.

Sementara itu, terkait dengan pencairan untuk gaji ke-13 para Aparatur Sipil Negara (ASN) baru bisa direalisasikan pada pertengahan tahun ini, pada Juni 2019, atau kurang lebih sebulan setelah pembayaran THR.

"Anggarannya total Rp20 triliun untuk THR dan nanti untuk gaji ke 13 baru kita bayarkan pada pertengahan tahun. Karena itu untuk membantu biaya sekolah oleh untuk ASN," tuturnya usai Acara DhawaFest Pesona, Rabu (8/5/2019).

Pihaknya mengestimasikan bahwa waktu pencairan anggaran untuk THR tersebut akan bisa direalisasikan pada 24 Mei 2019. 

"THR tanggal 24 Insha Allah sudah bisa akan kita laksanakan sesuai dengan proses yang sekarang ini sudah berjalan dan nanti untuk gaji ke -13 bulan berikutnya," terangnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sri mulyani, thr

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top