Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasaraya Blok M Berubah Jadi New Creative Hub

Meskipun merubah konsep bisnisnya dengan menyewakan proporsi ruang yang potensial kepada perusahaan yang bergerak di bidang teknologi digital, Pasaraya tidak akan melepaskan ciri khasnya.
Presiden Direktur PT Pasaraya Tosersajaya Medina L Harjani saat ditemui Bisnis Indonesia di Kantornya/ Putri Zakia Salsabila
Presiden Direktur PT Pasaraya Tosersajaya Medina L Harjani saat ditemui Bisnis Indonesia di Kantornya/ Putri Zakia Salsabila

Bisnis.com, JAKARTA --  PT Pasaraya Tosersajaya mulai merambah ke bisnis penyewaan ruang potensial untuk disewakan kepada perusahaan digital dalam menyikapi adanya perubahan pasar retail ke bisnis perdagangan daring (e-commerce) yang diminati oleh masyarakat sejak beberapa tahun silam.

Presiden Direktur PT Pasaraya Tosersajaya Medina L Harjani mengatakan pihaknya sudah mengetahui industri ritel dan budaya berbelanja yang sudah mulai bergeser.

“Karena itu sekarang kita merubah konsep bisnis dan lebih kuat di bisnis properti, dengan menyewakan 70 persen ruang Pasaraya Blok M untuk disewakan kepada industri digital dan sisanya 30 persen sebagai ritel," ujarnya pada Bisnis.com di kantornya baru-baru ini.

Meskipun mulai merubah konsep bisnisnya dengan menyewakan proporsi ruang yang potensial kepada perusahaan yang bergerak di bidang teknologi digital, Medina mengatakan bahwa pihaknya tidak akan melepaskan ciri khas Pasaraya yang tercermin dalam prinsipnya yakni "The Pride of Indonesia" dengan tetap menyediakan produk batik serta produksi UMKM lokal.

“Pasaraya sudah 45 tahun, sudah mengalami asam garam. Sebagai pebisnis, kami harus fleksibel, dinamika bisnis seperti apa. Kita enggak bisa ngotot. Sekarang ada e-commerce, fast fashion bisnis, dan lain-lain,” tuturnya.

Salah satu penyewa besar di Pasaraya Blok M adalah Go-Jek. Perusahaan transportasi online ini mempekerjakan orang-orang kreatif yang membutuhkan tempat sesuai keinginan para karyawannya, sehingga PT Pasaraya Tosersajaya merubah kawasannya menjadi New Creative Hub atau pusat kreatif baru.

“Kami ingin membuat Pasaraya Blok M ini jadi a new creative hub. Kebetulan banyak perusahaan bisnis kreatif yang butuh kantor, seperti Go-Jek yang enggak suka dengan kantor formal. Mereka cari area yang fun," tuturnya.

Perusahaan karya anak bangsa ini sudah menyewa ruang di Gedung B Pasaraya Blok M sejak 2016 lalu. Gojek telah menempati area seluas 16.000 meter persegi yang mencakup empat lantai. DI akhir tahun nanti, perusahaan akomodasi digital tersebut akan menambah luasan kantornya hingga 29.000 meter persegi.

“It’s good for us. Nantinya mereka akan ambil dari lantai 1 sampai 10 di Gedung B. Sekarang Go-Jek baru menjajaki lantai 4, 5, 6, dan 7. Kami akan handover di akhir tahun nanti," ujarnya.

Menurut Medina, ekspansi ruang yang dilakukan Go-Jek menunjukkan kesesuaian visi dan misi antara Go-Jek serta perusahaannya. Selain itu, nantinya Medina akan melakukan perombakan bisnis di Pasaraya Manggarai pascapembangunan yang akan dilakukan untuk membangun kembali gedung A Pasaraya Blok M lima tahun mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Putri Salsabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper