Jalur Mudik di Sulut Dipersiapkan

Khusus jalan tol Manado-Bitung, masih ada bagian jalan yang harus dikebut pembangunannya termasuk di antaranya jembatan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 Mei 2019  |  08:40 WIB
Jalur Mudik di Sulut Dipersiapkan
Perkembangan proyek pembangunan jalan tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara pada Selasa (3/7/2018). - Istimewa/PT Jasamarga Manado Bitung

Bisnis.com, MANADO--Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) memantau kesiapan infrastruktur jalan yang ada di Sulawesi Utara (Sulut) menjelang Lebaran.

"Harapannya supaya dapat memberikan pelayanan maksimal terhadap masyarakat yang mau mudik, mau balik maupun yang hendak berwisata," kata Direktur Pembangunan Jalan Direktorat Jenderal Bina Marga Achmad Herry Marzuki di Manado, Selasa (14/5/2019).

Khusus jalan tol Manado-Bitung, kata dia, masih ada bagian jalan yang harus dikebut pembangunannya termasuk di antaranya jembatan. "Mudah-mudahan (jembatan) bisa diselesaikan pada selesai pada bulan September tahun ini," katanya.

Marzuki menambahkan, ruas tol juga menjadi bagian yang akan difungsikan pada saat arus mudik dan arus balik Lebaran.

Direncanakan sepanjang 17 kilometer akan difungsikan yang dimulai dari simpang susun Airmadidi dan keluar di titik Manembo-Nembo (akses menuju Kawasan Ekonomi Khusus Kota Bitung).

"Sebelum difungsikan, tinggal dilakukan pembersihan lahan, rambu-rambu lalu lintas serta penambahan posko," ujarnya.

Kesiapan ruas jalan, lanjut Marzuki, juga akan dilakukan untuk jalur-jalur alternatif terutama yang akan dijadikan tempat wisata. "Kalau terjadi kemacetan akan dikoordinasikan dengan dinas perhubungan maupun pihak kepolisian untuk dilakukan traffic management," ujarnya.

Kesiapan peralatan dan personel, lanjut dia, juga dilakukan untuk titik-titik yang biasanya rawan terjadi bencana tanah longsor. "Kita berupaya semaksimal mungkin melayani masyarakat," ujarnya.

Rombongan Kementerian PUPR didampingi Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (XV) Sulawesi Utara dan Gorontalo Triono Junoasmono memantau kesiapan infrastruktur jalan di ruas jalan nasional, tol Manado-Bitung, kemudian melanjutkan perjalanan ke Kota Tomohon.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
trans sulawesi, tol manado-bitung

Sumber : Antara

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top