Loopline Bakal Kerek Kapasitas Angkut Kereta Komuter Hingga 2 Juta

Jalur kereta loopline akan membuat persinggungan jalur kereta komuter Jabodetabek menjadi minimal karena dibuat dengan konstruksi layang.
Rivki Maulana | 10 Mei 2019 08:47 WIB
/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Adhi Karya Tbk. memperkirakan jumlah penumpang kereta komuter bisa meningkat hingga 2 juta per hari berkat kehadiran jaringan kereta lingkar Jakarta atau loopline.

Direktur Utama Adhi Karya, Budi Harto mengatakan jalur kereta akan membuat persinggungan jalur kereta komuter Jabodetabek menjadi minimal karena dibuat dengan konstruksi layang. Saat ini ada beberapa titik persinggungan kereta Jabodetabek, antara lain Manggarai, Tanah Abang, dan Jatinegara.

"Jadi nanti headway kereta lebih banyak sehingga bisa meningkatkan kapasitas angkut yang ada di jalur radial. Sekarang kan [kapasitas]1,2 juta [per hari], nanti jadi 2 juta [per hari]," jelas Budi di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Budi menuturkan, Adhi Karya tidak sendirian dalam menggarap proyek kereta loopline. Perusahaan bersandi saham ADHI ini menggandeng PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. dan PT Wijaya Karya Tbk. dalam sebuah konsorsium.

Dalam catatan Bisnis.com, ADHI masih menyusun studi kelayakan atau feasibility study dan diharapkan rampung pada Juni 2019. Direktur Operasi II Adhi Karya, Pundjung Setya Brata sebelumnya mengatakan studi diperpanjang karena ada beberapa aspek yang harus dihitung secara cermat.

"[Aspek krusial dalam penyusunan FS] pematangan aspek passenger demand, willingness to pay dan integration operating system," jelasnya kepada Bisnis.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jalur kereta api, komuter, loopline

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup