250 Brand Siapkan Diskon Jari Ungu saat Pemilu

Tokopedia, Sogo, Sushi Tei, Cinema XXI, Ace Hardware, dan ratusan toko lain memberikan diskon hingga 50%.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 16 April 2019  |  09:01 WIB
250 Brand Siapkan Diskon Jari Ungu saat Pemilu
Seorang WNI mencelupkan jari kelingkingya dalam cairan tinta sebagai tanda telah menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019 di TPSLN Islamabad, Sabtu (13/4/2019). - Dok Islamabad

Bisnis.com, JAKARTA — Pesta diskon menanti para pemilih setelah pemungutan suara Pemilu Legislatif dan Presiden 2019. Sebanyak 250 brand menyiapkan potongan harga sebesar 10%—50% pada 17 April mendatang.

Ketua Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan para pengusaha menciptakan insentif bagi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya, dalam bentuk pemberian diskon dalam program KlingKing Fun. 

Pemilih yang telah menggunakan hak pilihnya tinggal datang ke gerai dan menunjukkan bekas tinta pada jari kelingking untuk memperoleh diskon. Pesta diskon ini bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan hak suaranya.

Pesta diskon KlingKing Fun ini sejatinya menyasar 192 juta pemilih yang tercatat di Daftar Pemilih Tetap pemilihan legislatif dan Pesiden 2019. Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), tingkat partisipasi pemilih di pemilu Indonesia di era reformasi cenderung tinggi yakni 84% pada pemilu 2004, lalu 71% pada pemilu 2009, dan 74% ada pemilu 2014. 

KPU menargetkan tingkat partisipasi Pemilu mencapai 77,5%. Namun, Apindo meyakini dengan adanya pesta diskon ini tingkat partisipasi pemilih bisa mencapai 80%.

"Tujuan utamanya supaya tidak golput jadi kami adakan pesta diskon, KlingKing Fun. Terlebih Pilpres 2019 berada pada tanggal yang cukup dekat dengan libur akhir pekan yang panjang. Dikhawatirkan, ada potensi masyarakat yang enggan menggunakan hak pilihnya dan mengambil cuti untuk melakukan perjalanan jarak jauh, untuk berlibur," ujarnya, Senin (15/4). 

Program KlingKing Fun melibatkan lebih dari 250 brand dan jaringan ritel ternama mulai dari toko online, feysen, makanan-minuman, dan sinema. Tokopedia, Sogo, Sushi Tei, Cinema XXI, Ace Hardware, dan ratusan toko lain memberikan diskon hingga 50%.

Pengurus Dewan Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Fetty Kwartati mengatakan diskon yang diberikan lewat program KlingKing Fun ini bervariasi, tergantung setiap merek dan jaringan distribusi ritel.

"Untuk diskonnya berkisar 10%, 17% hingga 50%. Lalu ada juga harga spesial di setiap gerai. Adapun diskon ini berlaku untuk seluruh Indonesia," katanya. 

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengatakan program KlingKing Fun juga berlaku untuk kampanye produk dalam negeri sehingga ritel baik skala kecil atau besar, bisa terangkat serta menyeimbangkan neraca perdagangan global.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
diskon, Pemilu 2019

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top