Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tol Cisumdawu Seksi II & III Diharapkan Dukung Mudik Lebaran 2019

Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawun) seksi II dan III diharapkan bisa beroperasi untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2019.
Juli Etha Ramaida Manalu
Juli Etha Ramaida Manalu - Bisnis.com 02 April 2019  |  21:08 WIB
Foto aerial proyek pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di kawasan Rancakalong, Sumedang, Jawa Barat, Selasa (30/5). - Antara/Fahrul Jayadiputra
Foto aerial proyek pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di kawasan Rancakalong, Sumedang, Jawa Barat, Selasa (30/5). - Antara/Fahrul Jayadiputra

Bisnis.com, JAKARTA- Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawun) seksi II dan III diharapkan bisa beroperasi untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2019.

Sekretaris Daerah Jaea Barat Iwa Karniwa menyebutkan berdasarka  koordinasi dengan satuan kerja (satker) konstruksi maupun kepala satker tanah terdapat peningkatan signifikan untuk terkait pembangunan seksi 2 Tol Cisumdawu sepanjang 17,05 kilometer (km).

Dari sisi pembebasan lahan itu sudah hampir 93% dan untuk konstruksinya sudah hampir 82%.

"Sehingga dengan demikian, dari pemerintah provinsi berharap ini dimungkinkan untuk bisa digunakan dalam hari raya [untuk kebutuhan] mudik gitu ya," ujarnya saat ditemuo di Kementerian Koordinator Bidang Maritim usai menghadiri raoat terkait pembangunan Pelabuhan Cisolok, Selasa (2/4/2019).

Menurutnya, pengoperasian kedua seksi jalan tol ini menjadi penting untuk memperlancar arus lalu lintas dikala musim mudik yang rawan kemacetan.

Perkembangan yang signifikan, katanya, juga terjadi pada seksi 3 yang yang menghubungkan Sumedang-Cimalaka sepanjang  5 km.

Pembebasan lahan di area ini telah hampir mencapai 100% dengan pengerjaan fisik 60%.

"Sehingga, kami mengusulkan kepada Kementerian PUPR, khususnya pada BUJT untuk di dalam tahun sekarang, mudik, itu bisa dipakai," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cisumdawu Mudik Lebaran
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top