Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

STP Jakarta Gandeng Inkoppol Kembangkan Usaha Kelautan dan Perikanan

Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta menjalin kerja sama dengan Induk Koperasi Kepolisian Negara RI (Inkoppol) sebagai wujud upaya pemberdayaan masyarakat dan pengembangan usaha Kelautan dan Perikanan.
Sekretaris Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan (BRSDM KKP) Maman Hermawan bersama sejumlah pihak yang menghadiri penandatanganan kerja sama antara STP Jakarya dan Inkoppol berfoto bersama di samping kapal Mahdiding 03 sebelum berlayar, Rabu (27/3/2019)/Bisnis-Juli Etha
Sekretaris Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan (BRSDM KKP) Maman Hermawan bersama sejumlah pihak yang menghadiri penandatanganan kerja sama antara STP Jakarya dan Inkoppol berfoto bersama di samping kapal Mahdiding 03 sebelum berlayar, Rabu (27/3/2019)/Bisnis-Juli Etha

Bisnis.com, JAKARTA - Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta menjalin kerja sama dengan Induk Koperasi Kepolisian Negara RI (Inkoppol) sebagai wujud upaya pemberdayaan masyarakat dan pengembangan usaha Kelautan dan Perikanan.

Maman Hermawan, Sekretaris Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan (BRSDM KKP) yang menaungi STP, menyebutkan tugas KKP di bidang pengembangan riset dan sumber daya manusia yang merupakan pilar ketiga dari nawacita di bidang Kelautan dan Perikanan membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.

Dukungan tersebut dibutuhkan baik dalam perumusan kebijakan, pengambilan keputusan yang tepat, dan penetapan kegiatan dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat kelautan dan perikanan.

"Terkait  hal tersebut, Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan [BRSDM] mendukung upaya pemberdayaan masyarakat dan pengembangan usaha kelautan dan perikanan yang digagas oleh Inkoppol bersama STP Jakarta," ujarnya dalam sambutannya sebelum penandatanganan kerja sama antara STP Jakarta dan Inkoppol yang dilaksanakan di atas kapal Madidihang 03 dalam pelayarannya di sekitar Teluk Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Lebih lanjut, Maman menyampaikan bahwa semua unit pendidikan di lingkup KKP menerapkan sistem vokasi dan didukung dengan fasilitas teaching factory (TEFA) yang memungkinkan semua peserta didik memiliki pengalaman praktik kelautan dan perikanan yang mirip dan serupa dengan dunia usaha/dunia industri.

Dengan demikian, diharapkan kebijakan dan program pengembangan pendidikan kelautan dan perikanan dapat bersinergi dengan program pengembangan usaha Inkoppol sehingga diharapkan dapat memberikan warna, kontribusi, dan manfaatan yang besar bagi masyarakat kelautan dan perikanan Indonesia.

"Kami percaya bahwa penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini merupakan suatu langkah awal bagi kedua institusi, dan selanjutnya tentu diperlukan berbagai langkah teknis untuk merealisasikan tujuan yang diharapkan bersama," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Pendidikan KP Bambang Suprakto mengatakan bahwa Taruna/i STP dipersiapkan untuk menjadi ujung tombak pembangunan kelautan dan perikanan menuju pengelolaan yang berdaulat dan berkelanjutan.

"Mereka adalah generasi penerus bangsa yang memiliki daya saing tinggi, yang selalu siap siaga mendukung program-program peningkatan kesejahteran masyarakat kelautan dan perikanan. Karenanya dukungan darinpihak Kepolisian merupakan penting adanya," tutur Bambang.

Kepala STP Jakarta Heri Edy turut menyampaikan bahwa PKS ini terselenggara dalam rangka melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang terdiri dari pendidikan, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian masyarakat. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan dan/atau memperoleh manfaat yang saling menguntungkan bagi para pihak dengan memperhatikan batas kemampuan serta tidak mengganggu tugas pokok para pihak.

"Karena itu, STP menyambut baik kerja sama dengan INKOPOL RI tentang Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat serta Pengembangan Usaha Kelautan dan Perikanan," katanya.

Adapun, perjanjian kerja sama  ditandatangani oleh Mochammad Heri Edy sebagai Ketua STP Jakarta dan Irjen Pol (P) Yudi Sushariyanto selaku Ketua Inkoppol.

Ruang lingkup kerja sama tersebut meliputi pengabdian dan pemberdayaan masyarakat kelautan dan perikanan; pengembangan sumber daya manusia serta usaha kelautan dan perikanan; Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan dan perikanan berdasarkan prinsip knowledge based activities; dan pemanfaatan sarana dan prasarana.

Hadir dalam kegiatan penandatanganan PKS, para pejabat lingkup Kepolisian Negara Republik Indonesia, Induk Koperasi Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper