Kawasan Industri: Ekspansi Perusahaan Asing Jadi Andalan

Pasokan kawasan industri akan selalu mengalami penambahan di Indonesia, Penyerapan lahan industri juga akan terus mengalami peningkatan baik dari perusahaan asing maupun lokal.
Putri Salsabila
Putri Salsabila - Bisnis.com 17 Maret 2019  |  20:26 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Pasokan kawasan industri akan selalu mengalami penambahan di Indonesia, Penyerapan lahan industri juga akan terus mengalami peningkatan baik dari perusahaan asing maupun lokal.

Manager Research & Consultancy Coldwell Banker Commercial, Angra Angreni mengatakan bahwa Pasokan lahan industri akan selalu mengalami penambahan, karena terdapat land bank yang luas di beberapa kota di Indonesia.

“Bekasi, Karawang, Purwakarta, dan Banten (Cikande, Cikupa)  yang siap untuk dikembangkan, namun saat ini masih dalam tahap penggarapan dan pembenahan infrastruktur,” ujarnya Minggu (17/3/2019).

Selain Jabodebek & Banten Angra mengatakan, hingga saat ini kawasan industri yang mengalami perkembangan selama 2018  adalah Kawasan Industri di Batam Selain itu, kawasan yang akan mengalami pertumbuhan adalah Kawasan Industri di daerah Medan, Semarang, Jawa Timur, dan Makassar. 

Hal ini diperkirakan akan mengalami penambahan pasokan di 2019 yang berasal dari ekspansi Kawasan Industri Makassar dan pengembangan lahan industri di Maros dan pembukaan Makassar Technopark.

Ujarnya, ekspansi perusahaan asal Jepang, China, dan Korea akan menjadi yang paling kuat mengisi lahan industri di Indonesia hingga 3-5 tahun mendatang.

Senada dengan Angra, Ketua Himpunan Kawasan Industri Sanny Iskandar mengatakan bahwa ekspansi perusahaan asing sangat mungkin terjadi dengan situasi persaingan di luar yang sangat ketat.

"Cukup besar dan banyak, dengan memproduksi di Indonesia mereka lebih bisa mendekati pasarnya, daripada melakukan distribusi yang lebih jauh sehingga mereka mencari pasar di Indonesia yang memiliki potensi market besar," ujarnya saat dihubungi Bisnis (17/3).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kawasan industri

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top