Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perluasan Stasiun Kereta Manggarai Bikin PR Pemprov DKI Bertambah

Perluasan Stasiun Kereta Manggarai, Jakarta Selatan, menyisakan pekerjaan rumah bagi Pemerintah DKI Jakarta untuk memperbaiki akses masuk stasiun terbesar di Indonesia tersebut.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 07 Maret 2019  |  20:36 WIB
Ilustrasi - Rangkaian KRL Commuter Line melintas di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (2/1/2019). - ANTARA/Muhammad Iqbal
Ilustrasi - Rangkaian KRL Commuter Line melintas di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (2/1/2019). - ANTARA/Muhammad Iqbal
Bisnis.com, JAKARTA - Perluasan Stasiun Kereta Manggarai, Jakarta Selatan, menyisakan pekerjaan rumah bagi Pemerintah DKI Jakarta untuk memperbaiki akses masuk stasiun terbesar di Indonesia tersebut.


Wakil Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno mengungkapkan, Stasiun Manggarai akan menjadi stasiun sentral tempat berkumpulnya kereta perkotaan, antarkota dan kereta bandara.


"Di situ juga dekat dengan Terminal Manggarai. Cuma masalahnya daya dukung lingkungannya yang belum memungkinkan, dibandingkan dengan Stasiun Gambir ada lahan parkir. Masih ada pekerjaan rumah besar untuk membereskan kawasan sekitar bangunan inti itu," jelasnya kepada Bisnis, Kamis (7/3/2019).


Dia menyebutkan bahwa pekerjaan rumah berupa penyediaan lahan parkir merupakan persoalan yang harus diselesaikan oleh pemerintah daerah dalam hal ini DKI Jakarta. Lahan milik pemerintah di sekitar stasiun tersebut cukup luas, tetapi lahan tersebut diokupansi oleh masyarakat.


"Kalau ada waktu 2 tahun lagi, mesti ada proses pemindahan pemukiman, kalau tidak mereka akan stagnan juga proyeknya," ungkapnya.


Stasiun tersebut tengah diperluas dan tahap satu diproyeksikan selesai pada akhir tahun ini, sementara tahap dua selesai pada 2021. Total investasi yang dibutuhkan sebesar Rp3,5 triliun yang didanai oleh Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau sukuk negara.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki kereta api manggarai
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top