Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Forbes Kembali Rilis Daftar Orang Terkaya Dunia, Siapa Saja Mereka?

Nama-nama seperti Mark Zuckerberg, Jeff Bezos, Bill Gates, dan Kylie Jenner masuk dalam daftar terbaru orang super kaya sedunia dari Forbes.
Annisa Margrit
Annisa Margrit - Bisnis.com 06 Maret 2019  |  11:27 WIB
Forbes Kembali Rilis Daftar Orang Terkaya Dunia, Siapa Saja Mereka?
CEO Amazon Jeff Bezos berbicara dalam konferensi Access Intelligence's SATELLITE 2017 di Washington, AS, Selasa (7/3/2017). - Reuters/Joshua Roberts
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Forbes kembali meluncurkan daftar orang-orang terkaya sedunia, yang mencakup sejumlah nama mulai dari Jeff Bezos, Warren Buffet, Mark Zuckerberg, Mukesh Ambani, hingga Kylie Jenner.

Forbes World's Billionaires yang dirilis pada Selasa (5/3/2019) waktu AS, menyebutkan ada 2.153 miliuner di seluruh dunia dengan total kekayaan senilai US$8,7 triliun atau sekitar Rp123.070,2 triliun [kurs tengah Bank Indonesia Rp14.146].

Mukesh Ambani./Reuters

Namun, jumlah para miliuner ini ternyata berkurang 55 orang dibandingkan tahun lalu. Nilai kekayaan totalnya juga berkurang US$400 miliar, atau Rp5.658,4 triliun, dibandingkan angka 2018.

Lebih lanjut, sebanyak 247 orang atau 11% dari daftar miliuner tahun lalu tidak lagi masuk dalam daftar yang sama pada 2019. Penurunan ini disebut sebagai yang tertinggi sejak 2009, ketika krisis keuangan global sedang dalam puncaknya.

Sebanyak 49 orang di antaranya berasal dari China. Kawasan Eropa, Timur Tengah, dan Afrika juga mengalami hal serupa.

Kylie Jenner./Reuters

Di sisi lain, AS dan Brasil menjadi negara dengan pertumbuhan jumlah miliuner. AS sekarang memiliki 607 miliuner, yang di dalamnya termasuk 14 orang terkaya dalam daftar 20 besar.

Lalu, siapa saja orang-orang super kaya ini? Berikut 10 besar orang terkaya dunia versi Forbes seperti dikutip Bisnis, Rabu (6/3):
1) Jeff Bezos dan keluarga (US$131 miliar)
Pendiri Amazon ini sekarang menjabat sebagai CEO perusahaan tersebut dan menguasai 16% sahamnya. Dia juga menjadi pemilik The Washington Post dan Blue Origin, sebuah perusahaan antariksa yang mengembangkan roket.

2) Bill Gates (US$96,5 miliar)
Gates sekarang hanya memiliki sekitar 1% saham Microsoft, meski tetap menjabat sebagai anggota komisaris perusahaan teknologi itu. Dia juga berinvestasi di saham dan aset lainnya.

Warren Buffett./Reuters-Rick Wilking

3) Warren Buffett (US$82,5 miliar)
Buffett memimpin Berkshire Hathaway, yang memiliki lebih dari 60 perusahaan termasuk perusahan baterai Duracell dan restoran Dairy Queen.

4) Bernard Arnault dan keluarga (US$76 miliar)
Perusahaan yang dipimpinnya mempunyai 70 merek ternama dunia, termasuk Louis Vuitton dan Sephora.

5) Carlos Slim Helu dan keluarga (US$64 miliar)
Slim berasal dari Meksiko dan keluarganya menguasai America Movil, operator ponsel terbesar di Amerika Latin. Dia juga memiliki saham di perusahaan konstruksi, consumer goods, pertambangan, dan real estat di Meksiko serta menggenggam 17% saham The New York Times.

Amancio Ortega./Istimewa

6) Amancio Ortega (US$62,7 miliar)
Meski namanya tak banyak dikenal, tapi Ortega adalah pengusaha ritel terkaya di dunia lewat Inditex. Perusahaan tersebut merupakan pemilik Zara, Massimo Dutti, dan Pull & Bear, yang jumlah tokonya mencapai 7.500 gerai di seluruh dunia.

7) Larry Ellison (US$62,5 miliar)
Ellison adalah salah satu pendiri perusahaan perangkat lunak Oracle pada 1977. Pada Maret 2018, dia meluncurkan startup bernama Sensei, yang proyek pertamanya adalah pertanian hidroponik di Hawaii. Pada tahun yang sama, dia bergabung dengan dewan komisaris Tesla setelah membeli 3 juta saham produsen kendaraan listrik itu.

Mark Zuckerberg./Reuters

8) Mark Zuckerberg (US$62,3 miliar)
Namanya mungkin yang paling dikenal di seluruh dunia. Apalagi, sejak Facebook mendapat banyak kritik setelah data puluhan juta penggunanya bocor dan didera berbagai masalah penyebaran hoaks pada tahun lalu. Saat ini, Zuckerberg menguasai 17% saham Facebook.

9) Michael Bloomberg (US$55,5 miliar)
Dia adalah salah satu pendiri perusahaan media Bloomberg dan sekarang memiliki 88% saham perusahaan tersebut, yang pendapatannya mencapai US$9 miliar.

10) Larry Page (US$50,8 miliar)
Page adalah salah satu pendiri Google, bersama Sergey Brin. Dia adalah CEO Google pertama hingga 2001, dan kemudian kembali menduduki posisi itu pada 2011.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

orang terkaya

Sumber : Forbes

Editor : Annisa Margrit
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top