Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

E-LOGISTICS: Integrasi Data Inaportnet dan Manifest Dimulai Tahun Ini

Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dan Ditjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan akan memulai integrasi digitalisasi logistik tahun ini.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 05 Maret 2019  |  16:50 WIB
Ilustrasi / Pelabuhan perdagangan
Ilustrasi / Pelabuhan perdagangan
Bisnis.com, JAKARTA - Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dan Ditjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan akan memulai integrasi digitalisasi logistik tahun ini. 
Kasubdit Sistem Informasi dan Sarana dan Prasarana Angkutan Laut Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Sukirno Dwi Susilo mengatakan bahwa nota kesepahaman tentang pertukaran data Inaportnet Ditjen Hubla dan Manifes DJBC sudah diteken.
"Sedang dibangun integrasinya dan sudah diuji coba. Bulan ini pertukaran datanya sudah running," katanya dalam diskusi bertema Peluang dan Tantangan Digitalisasi Logistik, Selasa (5/3/2019).
 
Sukirno tidak menyebutkan peta jalan integrasi digitalisasi logistik. Namun, menurut dia, Inaportnet pada tahap berikutnya akan bersinergi dengan sistem yang dipunyai kementerian/lembaga lain, seperti Tradenet Kementerian Perdagangan, Badan Karantina Kementerian Pertanian dan Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. 
 
Ke depan, sambung dia, integrasi bahkan harus dilakukan dengan sistem digital hinterland, tidak hanya di pelabuhan
 
"Kami terus berupaya mengintegrasikan semua sistem berbasis IT yang dimiliki oleh masing-masing sektor ke dalam satu aplikasi untuk percepatan layanan," katanya.
Saat ini, Kemenhub mengembangkan Inaportnet versi 2.0 yang dilengkapi dengan fitur delivery order online (DO Online) di 16 pelabuhan. Pada tahun ini, kementerian mempersiapkan penerapan Inaportnet di 16 pelabuhan lain, terdiri atas dua pelabuhan kelas I, 11 pelabuhan kelas II, dua pelabuhan Kelas III dan satu pelabuhan Kelas IV. Pengembangan akan terus dilakukan hingga ke seluruh pelabuhan.
 
Inaportnet adalah portal elektronis yang memfasilitasi pertukaran data dan informasi layanan kepelabuhanan antara instansi pemerintah terkait, badan usaha pelabuhan, dan pelaku industri logistik, seperti shipping lines, freight forwardercontainer freight stationcustom brokerage (PPJK), importir dan eksportir, depo kontainer, warehouse, dan inland transportation (truk, kereta api, tongkang).
 
"Digitalisasi bisa mendorong percepatan layanan yang akan berdampak pada peningkatan produktivitas di pelabuhan, bongkar muat kapal, maupun transparansi bagi para pemilik barang."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

logistik digitalisasi inaportnet
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top