Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Genjot Bisnis Logitik, TIKI Pakai 3 Jurus Berbasis Teknologi

PT Citra Van Titipan Kilat pemilik merek dagang perusahan logistik TIKI, pada 2019 akan memanfaatan teknologi dalam mengembangkan 3 fokus bisnisnya.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 05 Maret 2019  |  15:21 WIB
Ilustrasi - Managing Director PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Tomy Sofhian (kanan) meninjau layanan pengiriman paket konsumen, di ajang JakCloth Year End Sale 2018, Jakarta, Rabu (19/12/2018). - JIBI/Endang Muchtar
Ilustrasi - Managing Director PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Tomy Sofhian (kanan) meninjau layanan pengiriman paket konsumen, di ajang JakCloth Year End Sale 2018, Jakarta, Rabu (19/12/2018). - JIBI/Endang Muchtar
Bisnis.com, JAKARTA - PT Citra Van Titipan Kilat pemilik merek dagang perusahan logistik TIKI, pada 2019 akan memanfaatan teknologi dalam mengembangkan 3 fokus bisnisnya.

 
President Director TIKI, Titi Oktarina menyampaikan bahwa TIKI secara konsisten berkomitmen agar memberikan pelayanan terbaik dia percaya diri bersaing dengan para pemain-pemain baru di industri logistik.


“TIKI telah secara konsisten berkomitmen memberikan pelayaan terbaik kepada pelanggan dengan memfokuskan tiga area utama yaitu yaitu operational excellences, customer intimacy dan product leadership melalui inovasi layanan," ungkapnya dalam keterangan resmi, Selasa (5/3/2019).


Dia menuturkan, TIKI siap bersaing dengan pemain jasa kurir dan logistik baru dengan memanfaatkan rekam jejak, jaringan distribusi dan inovasi layanannya yang berbasis teknologi.
 

TIKI terangnya menekankan pentingnya teknologi dalam mendukung operasional. Menurutnya, era digital saat ini telah mengubah cara perusahaan berinteraksi dengan konsumennya termasuk di industri jasa kurir dan logistik.


Dia mengklaim telah menjadi pionir dalam menyediakan produk dan layanan yang berbasis teknologi untuk memberikan kemudahan akses bagi konsumen untuk melakukan pengiriman tanpa perlu terkendala waktu. 

 
Sales and Marketing Director TIKI Rocky Nagoya mengatakan TIKI tengah mengembangkan aplikasi Smart Control Tower sebagai inovasi terintegrasi dengan pemanfaatan Internet of Things, Big data and Data Analytics.


Hal ini untuk mendukung strategi operasional melalui pengelolaan data yang lebih terstruktur, terintegrasi, dan analisa prediktif & preventif yang mendalam guna pengambilan keputusan yang lebih tepat sasaran.


"Dengan adanya aplikasi ini memungkinkan tim operasional dan manajemen mengontrol keseluruhan aktivitas pengiriman, melakukan analisa prediktif dan mengambil tindakan preventif yang lebih efektif untuk memastikan kinerja pengiriman (on time performance) yang memuaskan dan meningkatkan visibilitas bisnis perusahaan,” jelasnya. 
 

Sebelumnya, TIKI telah meluncurkan berbagai produk dan layanan berbasis teknologi antara lain layanan Jempol (Jemput Online) yang memungkinkan pelanggan melakukan pemesanan secara dalam jaringan (daring).
Perusahaan juga merilis mobile apps TIKI agar konsumen dapat mengetahui besaran biaya kiriman, mengetahui kode pos, melakukan pemesanan dan melakukan pelacakan secara real time.
Juga TIKI Online Booking (TOB) yang memungkinkan pelanggan melakukan pemesanaan melalui website; dan SMS Notification berupa notifikasi secara otomatis terkait dengan status kiriman kepada pengirim dan penerima.


TIKI juga memiliki layanan drive thru 24 jam dan drop-off 24 jam yang memberikan fleksibilitas waktu kepada pelanggan dalam mengirimkan barang atau dokumen. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi logistik tiki
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top