Progres Lelang Dini Proyek Sumber Air Masih Bagus

Proyek sumber daya air memiliki progres yang bagus pada rencana pelelangan dini tahun anggaran 2019 di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 26 Februari 2019  |  07:13 WIB
Progres Lelang Dini Proyek Sumber Air Masih Bagus
Ilustrasi: Fasilitas sumber air baku - perusahaan.Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Proyek sumber daya air memiliki progres yang bagus pada rencana pelelangan dini tahun anggaran 2019 di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan bahwa progres dari pelelangan dini yang sudah terserap adalah sebesar 3,50%.

"Lelang dini dari 9.087 paket senilai Rp75 triliun ini yang sudah dilelang total yang sudah terkontrak untuk single year adalah 1.054 dan 19 paket untuk multiyears," ujarnya di Kementerian PUPR, Senin (25/2/2019).

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa proyek tahun jamak yang sedang lelang 49 paket dan single year 4.216 paket.

Adapun, proyek tahun jamak yang belum dilelang sebanyak 92 paket dan single year 2.820 paket.

Endra menilai bahwa progres lelang di Ditjen Sumber Daya Air cukup bagus. "SDA progresnya bagus, sebesar 6,4%."

Kendati demikian, Endra tidak memerinci berapa jumlah pengerjaan proyek pemerintah yang akan mulai dilelang dini di ditjen tersebut.

Dalam APBN 2019 yang disetujui pekan ini, anggaran Kementerian PUPR tahun 2019 mencapai Rp110,70 triliun dengan sekitar 80% atau Rp88 triliun dari total merupakan pengadaan barang dan jasa yang dilakukan melalui pelelangan.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa terdapat sejumlah langkah untuk mencapai target pelelangan dini tahun ini.

Langkah tersebut antara lain, dengan mempercepat proses perencanaan dan persiapan agar pelelangan sudah dimulai November 2018 dan berakhir Maret 2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
lelang proyek, sumber air minum

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup