Soal Harga Avtur, Wapres Kalla Bilang Hanya Pertamina yang Saat Ini Punya Fasilitas

Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan bahwa harga bahan bakar minyak untuk pesawat terbang atau avtur, tidak sepenuhnya dikuasai oleh PT Pertamina. Persoalannya, sejauh ini hanya Pertamina yang memiliki fasilitas pompa bensin khusus avtur di bandara. 
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 12 Februari 2019  |  20:42 WIB
Soal Harga Avtur, Wapres Kalla Bilang Hanya Pertamina yang Saat Ini Punya Fasilitas
Aktivitas pekerja di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jumat (25/5/2018). - Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan bahwa harga bahan bakar minyak untuk pesawat terbang atau avtur, tidak sepenuhnya dikuasai oleh PT Pertamina. Persoalannya, sejauh ini hanya Pertamina yang memiliki fasilitas pompa bensin khusus avtur di bandara. 

"Sebenarnyakan BBM itu tidak monopoli lagi 100% ya. Nah khusus avtur memang kan harus ada fasilitas di bandara. [Sekarang] tidak ada perusahaan lain yang punya fasilitas di bandara," kata Jusuf Kalla, Selasa (12/2/2019). 

Jusuf Kalla menyebutkan saat ini untuk fasilitas penyediaan BBM oleh swasta telah banyak untuk kendaraan bermotor. 

"Bandara bisa tetapi saya katakan tadi, harus investasi bandara," katanya.

Menurut Jusuf Kalla saat ini dapat saja perusahaan swasta masuk ke dalam penjualan avtur di bandara. Yang dibutuhkan masing-masing perusahaan adalah menempatkan investasinya di bandara.

"Ya itu kalau dibutuhkan bisa saja. Kalau bensin, premium ada perusahaan lain ada [yang menjual] tentu kenapa avtur tidak bisa," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pertamina, avtur

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top