Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LAPORAN DARI BANGKOK: Yanmar Jepang Gaet ITL Rilis Traktor Berteknologi Tinggi

Produsen mesin pertanian asal Jepang, Yanmar Co. Ltd., merilis traktor seri YM terbaru (YM351A dan YM357A) yang dikembangkan bersama perusahaan manufaktur ternama asal India, International Tractors Limited (ITL).
salah satu Traktor produk Yanmar, Jepang. (web)
salah satu Traktor produk Yanmar, Jepang. (web)

Bisnis.com, BANGKOK - Produsen mesin pertanian asal Jepang, Yanmar Co. Ltd., merilis traktor seri YM terbaru (YM351A dan YM357A) yang dikembangkan bersama perusahaan manufaktur ternama asal India, International Tractors Limited (ITL).

Manajer Pengembangan Produk Yanmar Agribusiness Shinya Kawashiri mengungkapkan, pengembangan traktor terbaru ini pertama kali dimulai sejak 2017, ketika Yanmar membeli 30% saham milik ITL.

"Prototype-nya baru selesai pada September 2018, yang dikerjakan oleh 3.500 pekerja asal Jepang bekerjasama dengan ITL," katanya di Bangkok, Selasa (29/1/2019).

Adapun, diharapkan produk traktor seri YM yang dilengkapi dengan teknologi terbaru tersebut dapat meningkatkan efisiensi dan pengelolaan kerja di sawah dengan  operasional yang nyaman.

Thailand sebagai perwakilan negara-negara Asia Tenggara pun dipilih sebagai tempat peluncuran perdana traktor seri YM ini.

Alasannya, kawasan Asean memiliki perkembangan pertanian dan pertumbuhan ekonomi yang menjanjikan bagi Yanmar yang menargetkan pertumbuhan penjualan produk secara global dapat mencapai 50% pada 2023.

Sementata itu, Kawashiri masih enggan mengungkapkan kisaran harga untuk dua produk tersebut. Untuk di Indonesia, traktor seri YM  akan tersedia mulai awal tahun ini.

Yanmar Agribusiness Corporation President Hiroaki Kitaoka menuturkan, Yanmar siap memberikan sejumlah inovasi untuk pertanian abad ke-21 dengan memasukkan seri YM ke pasar traktor Asia Tenggara yang sedang berkembang.

"[Inovasi untuk] meningkatkan kualitas gaya hidup dan memberikan nilai tambah bagi para petani di berbagai wilayah," katanya dalam ketika membuka Grand Launch Ceremony di Bangkok, Thailand.

Adapun, seluruh traktor Yanmar seri YM terbaru, yakni YM351A (output: 51 horsepower) dan YM357A (output: 57 horsepower) menawarkan sejumlah inovasi dan teknologi untuk memudahkan pekerjaan pertanian.

Pertama, SMART-ASSIST Remote yang memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi penting tentang traktor mereka melalui fitur intuitive user interface yang dapat diakses lewat ponsel pintar.

Kedua, traktor Yanmar seri YM juga dimotori oleh mesin diesel direct-injection TNV yang menghasilkan tenaga yang tinggi dengan konsumsi bahan bakar yang rendah, serta berdaya tahan lama.

Ketiga, traktor tersebut dilengkapi rasio gear yang dicocokkan dengan kecepatan kerja, yakni 8 gear maju dan 8 gear mundur. Sebagai tambahan, gear  juga dipasangkan sinkronisasi gearbox yang memastikan perubahan gigi berlangsung dengan mulus bahkan ketika sedang digunakan.

Lebih lanjut, produk terbaru dari perusahaan yang didirikan di Osaka tersebut juga dapat digunakan di lahan kering (kebun) maupun basah (sawah) dan dapat mengangkut berbagai muatan.

Adapun, produk traktor ini didesain oleh Ken Okuyama yang juga adalah Yanmar Holdings Director and Member of the Board.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper