Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mantu Jokowi Garap Bisnis Rumah Subsidi. REI: Siapa Saja Bisa, Ciputra Pun Ikut Bangun

Bobby Arif Nasution, menantu Jokowi ikut membangun rumah subsidi di Sukabumi. Pengembang besar seperti PT Ciputra Residence pun ikut membangun perumahan untuk MBR.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 24 Januari 2019  |  21:55 WIB
Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Puaat Real Estate Indonesia Paulus Totok Lusida, usai acara Property Outlook 2019 Rumah123.com di Jakarta, Kamis (24/1/2019). (Mutiara Nabila - Bisnis)
Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Puaat Real Estate Indonesia Paulus Totok Lusida, usai acara Property Outlook 2019 Rumah123.com di Jakarta, Kamis (24/1/2019). (Mutiara Nabila - Bisnis)

Bisnis.com, JAKARTA - Gurihnya pasar hunian rumah subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) menarik minat banyak pengembang untuk menggarap hunian di segmen tersebut.

Sekjen DPP Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida mengatakan meskipun margin rumah subsidi tipis, baik pengembang besar maupun pengembang kecil ikut mencicipi pasar rumah bagi MBR tersebut.

"Pembangunan rumah subsidi siapa pun bisa, karena backlog-nya besar, yang penting bankable dan feasible," kata Totok kepada Bisnis, Kamis (24/1/2018).

Totok mengatakan banyak pengusaha yang membangun rumah subsidi karena peruntukannya memang membutukan hunian yang pasarnya selalu ada sehingga realisasi lebih cepat dibandingkan dengan segmen rumah lainnya, seperti rumah menengah dan menengah atas.

Bahkan, Bobby Arif Nasution, menantu Jokowi ikut membangun rumah subsidi di Sukabumi. Pengembang besar seperti PT Ciputra Residence pun ikut membangun perumahan untuk MBR.

"Tidak hanya Bobby, pengembang besar Ciputra juga bangun rumah subsidi di Maja. Siapapun yang membangun tidak masalah, itu kan proyek pemerintah, bukan proyek swasta. yang dapat subsidi bunga kan juga end user," jelas dia.

 Totok mengatakan peraturan membangun rumah subsidi pun tidak berbeda dengan membangun rumah komersial, di mulai dari anggaran dasar, lengkapnya tertuang dalam PP No. 64 tahun 2016 tentang pembangunan perumahan masyarakat berpenghasilan rendah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi real estate mbr rumah subsidi
Editor : Fajar Sidik

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top