Ini Dia, 6 Tips Menata Ruang Tamu 2019

Sebagai ruangan pertama yang ditemui ketika masuk ke dalam rumah, ruang tamu harus menawan dan mengesankan para tamu yang hadir. Berikut ini, tips mengatur ruang tamu yang patut dicoba tahun ini.
Mutiara Nabila | 08 Januari 2019 16:03 WIB
Ruang tamu - homedecoren.com

Bisnis.com, JAKARTA – Sebagai ruangan pertama yang ditemui ketika masuk ke dalam rumah, ruang tamu harus menawan dan mengesankan para tamu yang hadir. Berikut ini, tips mengatur ruang tamu yang patut dicoba tahun ini.

Dikutip dari apartmenttherapy.com, Selasa (8/1), ada enam aturan yang harus diketahui pemilik rumah dengan ruang tamu agar ruangan pertama tersebut memberikan kesan yang bagi diri sendiri dan bagi tamu yang berkunjung.

  1. Jangan gunakan warna gelap

Desainer Interior di California Utara Jeff Fiorito mengatakan bahwa jika ruang tamu yang dimilki berukuran kecil, jangan menggunakan warna gelap karena akan menimbulkan kesan ruangan menjadi lebih sempit.

“Warna gelap akan menyamarkan ujung-ujung ruangan, sehingga dimensi ruangan itu juga terasa menjadi lebih kecil,” ujarnya.

  1. Gunakan karpet kecil, disesuaikan dengan ukuran ruangan

Menurut Pam Faulkner, desainer interior asal Virginia, dengan ruang bersusunan sofa, meja kopi, dan bangku, umumnya banyak orang yang menaruh karpet permadani di bawah meja. Jangan ragu menggunakan karpet kecil dengan perpaduan warna tegas.

“Padu padan warna dan pola tertentu akan membuat ruang tamu yang umumnya kecil menjadi terasa lebih luas,” kata Faulkner.

  1. Plafon tidak harus berwarna putih

Mewarnai plafon atau langit-langit ruang tamu dengan warna yang beberapa tingkat lebih cerah dari warna dinding, tidak hanya dengan warna putih, tetap bisa membantu merefleksikan cahaya dan membuat ruangan terasa lebih lebar dan terang.

Namun, arsitek dan desainer interior di Massachusetts Leslie Saul mengatakan bahwa tidak ada salahnya jika mau mencoba lebih berani dengan menambahkan aksen wallpaper atau warna cerah untuk mewarnai bagian plafon supaya tidak membosankan.

  1. Jangan menaruh terlalu banyak barang

Tren minimalis untuk merias ruang tamu kini sudah ketinggalan zaman, desainer interior di New Jersey Blanche Garcia menyarankan untuk mendekorasi ruang tamu dengan pendekatan maksimalis. Taruh pernak-pernik berpola menarik dengan warna cerah, tapi jangan terlalu banyak dan jangan gunakan warna serupa.

  1. Gunakan pernak-pernik berpola menarik

“Meskipun masih banyak yang percaya kalau mencampur beragam pola pada hiasan dinding di ruang tamu adalah sesuatu yang tabu, tidak ada salahnya mencoba menggunakan beragam pola hiasan dinding yang unik dan tegas,” kata Karin Sun, pendiri Crane & Canopy.

Coba gabungkan lukisan atau hiasan beda ukuran dengan warna yang senada. Jangan takut untuk memadupadankan ruang tamu, seperti menaruh bantal bercorak, menggelar selimut, atau menaruh furniture berukuran besar.

  1. Taruh cermin menghadap ke luar

Umumnya, cermin ditaruh menghadap ke luar, di mana ada pemandangan atau ke hiasan dinding lain yang ada di ruangan. Faulkner menyarankan agar tidak menaruh cermin menghadap sesuatu yang kurang menarik seperti kipas angin misalnya.

Tag : tips menata rumah
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top