Tinjau Irigasi Lodoyo, Jokowi Sebut Perbaikan Irigasi Sudah Diselesaikan

Presiden Joko Widodo menyatakan target pemerintah untuk memperbaiki irigasi primer di Indonesia sebanyak 3 juta hektar sudah tercapai.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 03 Januari 2019  |  17:46 WIB
Tinjau Irigasi Lodoyo, Jokowi Sebut Perbaikan Irigasi Sudah Diselesaikan
Presiden Joko Widodo meninjau salah satu lokasi rehabilitasi irigasi di Sungai Lodoyo, Blitar, Jawa Timur, Kamis (3/1/2019). - ANTARA/Irfan Anshori

Bisnis.com, BLITAR--Presiden Joko Widodo menyatakan target pemerintah untuk memperbaiki irigasi primer di Indonesia sebanyak 3 juta hektar sudah tercapai.

Hal tersebut disebutkan oleh Presiden Jokowi saat meninjau daerah Irigasi Lodoyo, Kabupaten Blitar, Kamis (3/1/2018).

Menurutnya, perbaikan irigasi primer yang sudah ditargetkan tersebut, salah satunya adalah Irigasi Lodaya ini.

"Dalam lima tahun tiga juta harus kita selesaikan karena irigasi primer ini dibangun tahun 1982. Artinya sudah berapa tahun itu? Ini direhab agar air yang ada tidak hilang di tengah jalan," katanya.

Dia menambahkan pada intinya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ingin menunjukkan progress perbaikan daerah-daerah irigasi, salah satunya di Blitar ini.

"Ini rehab irigasi. Ada yang bangun irigasi sekundernya, primernya yang baru juga ada. Tapi ini yang namanya rehab. Artinya dulu sudah ada tapi diperbaiki karena sudah lama tidak ada pemeliharaan," ujarnya.

Setelah itu, Presiden juga meninjau proyek pengendalian banjir Kali Bogel, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki menambahkan proyek perbaikan irigasi di Indonesia seluas 3 juta hektar sudah tercapai dan itu sesuai dengan amanat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, irigasi

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top