Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Jabar Titip Penyelesaian Tambang Parung Panjang ke Bupati Baru Bogor

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menitip penyelesaian masalah polemik aktivitas tambang di Parung Panjang, Kabupaten Bogor, kepada Bupati dan Wakil Bupati Bogor periode 2018-2023 Ade Yasin dan Iwan Setiawan.
Ilustrasi penambangan emas oleh masyarakat, bukan perusahaan/Antara-Anas Masa
Ilustrasi penambangan emas oleh masyarakat, bukan perusahaan/Antara-Anas Masa

Bisnis.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Emil menitip penyelesaian masalah polemik aktivitas tambang di Parung Panjang, Kabupaten Bogor, kepada Bupati dan Wakil Bupati Bogor periode 2018-2023 Ade Yasin dan Iwan Setiawan.

"Salah satunya yang selalu masuk menjadi perhatian saya adalah masalah Parung Panjang, masyarakat berharap ada penyelesaian yang baik secara teknis sehingga tidak ada lagi masalah," kata Emil seusai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bogor terpilih, Minggu (30/12/2018), di Aula Barat Gedung Sate Bandung.

Menurut dia, Bupati Bogor Ade Yasin sudah menghadap kepada dirinya untuk berkomunikasi dan memberikan solusi jangka pendek terkait penyelesaian masalah Parung Panjang.

"Kita lihat setelah dilantik punya full power untuk menyelesaikan masalah salah satunya Parung Panjang. Jadi kebetulan bupatinya baru ya sudah says titipkan dulu masalah yang menurut saya, jadi kalau Jabar mah Citarum sebuah krisis nah di sana mah Parungpanjang," kata Gubernur Jabar.

Pemprov Jawa Barat, kata dia, juga memiliki solusi terkait penyelesaian masalah Parung Panjang meskipun Pemkab Bogor telah menyiapkan solusi, yakni akan membangun jalan atau jalur sendiri khusus untuk kendaraan yang mengangkut hasil tambang.

"Ada kita siapkan jalan tambang tapi kan harus ada survei dulu, jual tanahnya, jadi enggak secepat itu. Kembali lagi tunggu dulu solusi dari bupati sebagai pemilik wilayah," kata dia.

Selain soal penyelesaian masalah Parung Panjang, Gubernur Jabar juga menitipkan sejumlah hal lainnya kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih seperti Pemerintah Kabupaten Bogor dan jajarannya harus memiliki tiga nilai dalam menjalankan roda pembangunan.

Nilai pertama adalah kepribadian sikap atau pola pikir yang penuh dengan integritas dalam menjalankan roda pemerintahan.

"Ini menjadi penting karena seperti ibu bapak amati, bahwa ada tiga bulan terakhir tiga kepala daerah di Provinsi Jawa Barat terkena masalah hukum. Kami sangat menyayangkan," katanya.

Oleh karena itu, Gubernur Jabar meminta agar Bupati dan Wakil Bupati Bogor terpilih memiliki benteng integritas dimulai sejak dari pikiran hingga bertindak.

"Di mana ada ruang di mana ada niat pasti ada siasat. Jadi kita mulai bentengi diri seperti selalu dekat dengan ulama," ujarnya.

Hal kedua yang dititipkan oleh Gubernur Jabar kepada Bupati dan Wakil Bupati Bogor terpilih adalah terkait pelayanan terhadap masyarakat Bogor harus dilakukan dengan sepenuh hati.

"Kita ini berkuasa untuk melayani bukan untuk dilayani. Kita harus jadi pemimpin yang turun tangan bukan pemimpin yang tunjuk-tunjuk tangan. Kita harus menjadi pemimpin yang merangkul bukan pemimpin yang memukul," kata Gubernur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper