Peluang Usaha, Cuci Terus Sampai Cuan

Bisnis laundry bisa menjadi pilihan untuk para pemula ingin memulai usaha. Soalnya, bisnis itu tidak perlu keahlian khusus dan modalnya bisa lebih murah jika tidak menghitung biaya sewa tempat.
Ahmad Rifai | 26 November 2018 13:34 WIB
Bisnis laundry bisa dijajal oleh siapapun karena tidak memerlukan keahlian khusus. - Ilham Mogu

Bisnis.com, JAKARTA -- Bisnis penatu atau laundry memiliki potensi pasar yang bagus. Salah satu faktornya, pergerakan masyarakat urban yang harus serba cepat.

Masyarakat urban yang cenderung menyewa rumah atau kos-kosan membuat potensi permintaan jasa cuci setrika kian tinggi. Pasalnya, fasilitas kos-kosan kerap kurang memadai untuk aktivitas mencuci dan setrika.

Selain itu, jasa laundry juga memudahkan mereka untuk beraktivitas tanpa perlu memikirkan waktu mencuci dan setrika.

Golongan masyarakat urban yang membutuhkan jasa laundry itu biasanya berasal dari mahasiswa, pekerja rantau, dan pasangan baru menikah.

Adapun, bisnis laundry ini bisa dimulai dengan modal skala kecil.. Modal perlengkapan awal diperkirakan bisa senilai Rp8 juta.

Modal awal itu digunakan untuk membeli mesin cuci, pengering, setrika, timbangan, rak baju, ember, hanger, dan kursi.

Lalu, biaya operasional bulanan diprediksi bisa sekitar Rp2,5 juta untuk listrik, air, deterjen, pewangi, buku nota, hingga kantong plastik.

Namun, semua modal awal itu belum menghitung biaya sewa tempat yang menjadi modal paling mahal. Apalagi, jika mengincar daerah potensial pelanggan seperti, kampus, kos-kosan, maupun apartemen.

Sementara itu, dana operasional termasuk sewa tempat untuk sebulan ke depan harus dipersiapkan lebih awal. Tujuannya, proses awal bisnis bisa berjalan dengan baik tanpa perlu khawatir permintaan masih sedikit.

Potensi Omzet 

Potensi omzet bisnis laundry ini diperkirakan bisa mencapai Rp9 juta per bulan. Asumsinya, kamu menjual jasa dengan harga Rp6.000 per kg dan dalam sehari bisa mendapatkan 50 kg.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis laundry yakni, memahami cuci pakaian berbagai jenis bahan. Soalnya, setiap bahan pakaian memiliki cara mencuci dan setrika yang berbeda.

Lalu, analisis pesaing juga menjadi hal yang diperhatikan. Pasalnya, bisnis laundry bisa dijalankan oleh siapapun sehingga kita harus mencari karakter unik dari bisnis jasa cuci setrika pakaian tersebut.

Apakah kamu tertarik bisnis laundry?

Tag : peluang bisnis, peluang usaha
Editor : Surya Rianto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top