Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Proyek Perkeretaapian Dilelang Tahun Depan, Bali Salah Satunya

Kementerian Perhubungan berencana membuka lelang empat proyek perkeretaapian pada tahun depan.
Kereta Api Ekonomi/JIBI
Kereta Api Ekonomi/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perhubungan berencana membuka lelang empat proyek perkeretaapian pada tahun depan.

Direktur Lalu Lintas & Angkutan Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Zulmafendi mengatakan bahwa keempat proyek yang bakal dilelang tahun depan yakni proyek perkeretaapian Medan atau LRT Medan, LRT Bandung, trem Surabaya, dan kereta api Bali.

"Sekarang masih dalam tahap persiapan," ujarnya pada Forum Investment Opportunity Through PPP in Indonesia, Senin (16/7/2018).

Proyek kereta ringan (light rail transit/LRT) Medan menjadi salah satu proyek KPBU yang disiapkan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dalam PPP Book 2018.

LRT Medan akan membentang sepanjang 18 km dengan jumlah stasiun mencapai 16. Proyek ini diharapkan menjadi solusi kemacetan di kota terbesar keempat di Indonesia tersebut.

Selain LRT Medan, LRT Bandung dan Trem Surabaya juga akan dilelang.

Berdasarkan catatan Bisnis, LRT Bandung akan dibangun sepanjang 8,40 km dengan investasi sekitar Rp1,4 triliun, sedangkan trem Surabaya merupakan reaktivasi jalur trem lama yang menghubungkan kawasan Joyoboyo ke Tunjungan sejauh 4 km.

Sementara itu, di Bali, Zulmafendi menyebutkan bahwa kereta akan dibangun untuk menghubungkan Denpasar dengan Singaraja. Proyek ini sekaligus akan menjadi proyek kereta pertama di Pulau Dewata.

Dia menambahkan bahwa skema KPBU yang akan ditawarkan bakal meniru model serupa yang diterapkan pada proyek kereta api Makassar—Pare Pare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper