HDII Luncurkan Kompetisi Khusus Mahasiswa Desain Interior

Himpunan Desainer Interior Indonesia atau HDII menggelar kompetisi untuk mahasiswa desain interior sehingga bisa bersaing pada pasar desain.
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 14 Juli 2018 01:08 WIB
Desain interior jendela - dokumentasi

Bisnis.com, JAKARTA – Himpunan Desainer Interior Indonesia atau HDII menggelar kompetisi untuk mahasiswa desain interior sehingga bisa bersaing pada pasar desain.

Sekretaris Jenderal HDII Pusat, Rohadi, mengatakan bekerjasama dengan HOMEDEC, pameran desain interior pada 6-9 September mendatang, HDII juga memberikan wadah kompetisi untuk mahasiswa desain interior yaitu “HOMEDEC Student Competition.”

“HOMEDEC memberikan ruang dari organisasi lain yang sudah memberikan ruang yang bisa memberikan distribusi ilmu yang mendukung,” ungkap Rohadi, Jumat (13/7/2018).

Dia menjelaskan, saat ini jurusan desain interior semakin bertambah banyak dan menjadi program studi sendiri di beberapa universitas. Dia berharap, HOMEDEC Student Competition ini bisa menjadi wadah bagi para mahasiswa desain interior melakukan uji coba dan melakukan peningkatan sesuai tren dan permintaan pasar.

“Kami berharap ini bisa menjaring peluang mereka supaya punya tolak ukur di dunia pendidikan, dia juga siap menjadi professional,” jelas Rohadi.

Dia menyebut kompetisi ini juga menjadi peluang untuk mengembangkan bisnis properti. Dia menegaskan, saat ini bisnis properti membutuhkan perancang bangunan, arsitek ataupun desainer interior yang tersertifikasi.

“Sekarang, semua bidang profesi apapun harus ada sertifikat. Seperti kedokteran dia punya lisensi,” ujar Rohadi.

Dia menilai, pada era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini seorang desainer interior harus memiliki kemampuan lebih untuk bersaing. Sertifikasi dianggap bisa menjadi penanda kualifikasi desainer. Dia cemas, jika seorang desainer sudah lebih baik dia akan cenderun masuk ke konsultan ketimbang praktisi desain.

“Sebaliknya, kalau pas-pasan, kadang ya akhirnya desainer malah beralih profesi. Maka saat ini lembaga pendidikan harus berdampingan dengan lembaga profesi,” tuturnya.

Sebelumnya, Exhibition and Conference Manager PT Citra Inovasi Strategi Exhibition R. Arief Sofyan Rudiantoro mengatakan pameran HOMEDEC akan menjadi arena untuk memperluas jaringan antara konsumen dengan jaringan tenant desainer interior.

Arief memaparkan saat ini perusahaan juga sedang melakukan kajian agar bisa mewujudkan pameran yang menawarkan solusi bagi millennial. Meskipun begitu sasaran utama dari pameran HOMEDEC adalah generasi sebelum millennial yang sudah memiliki alokasi dana untuk properti dan tengah merancang desain huniannya.

Tag : Desain Interior
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top